Hobi

Diprotes Fans Karena Ending AoT, Isayama Akhirnya Buka Suara

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 11th 2021

Lebih dari sebulan lalu, manga Shingeki no Kyojin alias Attack on Titan akhirnya tamat setelah terbit selama 10 tahun lebih. Namun sayangnya, ternyata tidak semua fans puas dengan ending yang dibubuhkan Isayama Hajime, pengarang manga tersebut.

Tak lama setelah Attack on Titan tamat, sebagian fans yang mengharapkan ending yang lebih "dark" akhirnya mengusung petisi menuntut Isayama untuk menulis ending alternatif bagi manga tersebut.

Setelah lama dilanda huru-hara, Isayama pun kini buka suara soal keputusannya mengakhiri Attack on Titan dengan cara demikian.

Baru-baru ini Isayama berbincang dengan penerbit Kodansha yang selama ini menerbitkan Attack on Titan. Dalam perbincangannya, Isayama berbicara terang-terangan tentang ending pilihannya, dan dia mengaku paham mengapa banyak fans yang tidak menyukai ending tersebut.

Berdasarkan Twitter fans Attack on TitanAttackOnFans, Isaya mengatakan jika dia tidak mampu mengungkapkan pesan di dalam ending-nya sebagaimana yang ia inginkan. Ia mengaku jika adegan klimaks yang disusunnya terlalu sulit untuk dapat ia gambar.

Mengira bahwa ia akan dapat memuaskan para fans, Isayama akhirnya justru meminta maaf karena sudah mengecewakan para mereka. Di samping itu, ia juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan semua fansnya hingga saat ini.

Sebagian fans sudah menyiapkan diri untuk ending yang lebih gelap dan tidak tertebak, mengingat tahun lalu Isayama pernah mengatakan jika ia sudah menyiapkan ending yang memilukan bagi karakter-karakternya.

Meski mereka akhirnya kecewa, namun ada sedikit "bingkisan" hiburan bagi para fans. Isayama masih menyimpan 8 halaman ekstra yang pada awalnya hendak ia masukkan di chapter terakhir Attack on Titan, namun diurungkan pada saat chapter tersebut dirilis.

Isayama dikabarkan akan menyertakan 8 halaman tersebut di volume manga cetak terakhir Attack on Titan yang akan terbit beberapa waktu lagi di Jepang. (*)

 

Related Articles
Hobi
Star Wars: The High Republic akan Rilis Manga 'The Edge of Balance'

Hobi
Hideo Kojima dan Junji Ito Dikabarkan Garap Game Horor Bareng

Hobi
VIZ Media Rilis Sampul Manga Animal Crossing Versi Bahasa Inggris