Tech

6 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Kendaraan BBM

Jingga Irawan

Posted on May 11th 2021

Salah satu kendala terbesar dari adopsi kendaraan listrik saat ini adalah harga pembeliannya yang masih mahal, dibanding mobil konvensional berbahan bakar minyak (BBM). Namun, hal tersebut diprediksi tak akan lama. Sebuah studi mengatakan, enam tahun lagi harga mobil listrik bisa lebih murah daripada mobil BBM.

Dilansir dari MSN, sebuah studi yang terbit pada Senin (10/5) menjelaskan bahwa modal pembuatan mobil listrik di seluruh Eropa bakal lebih murah daripada kendaraan BBM, dalam enam tahun ke depan. Hal ini diprediksi akan memengaruhi harga beli kendaraan listrik di kurun waktu tersebut.

Saat ini mayoritas pabrikan kendaraan beralih secara massal ke model listrik untuk memenuhi komitmen bebas karbon secara global. Menyikapi fenomena itu, Bloomberg New Energy Finance melakukan studi dan menemukan fakta bahwa sedan listrik dan sport-utility vehicles akan menjadi semurah pembuatan kendaraan BBM. Setidaknya mulai 2026.

Menurut penelitian yang memiliki asosiasi dengan Transport and Environtment tersebut, mobil listrik sederhana akan memiliki harga sama dengan yang ber-BBM. Sementara, kendaraan listrik jenis Vanringan sampai berat akan lebih murah daripada model diesel pada 2025 dan 2026.

"EV akan menjadi kenyataan bagi semua pembeli baru dalam enam tahun. Mereka akan lebih murah daripada mobil dengan pembakaran tradisional untuk semua orang, dari kalangan masyarakat menengah hingga ke bawah,"  kata Julia Poliscanova, direktur senior kendaraan dan e-mobilitas di Transport and Environment, dalam sebuah pernyataan dikutip dari MSN Selasa (11/5).

Secara rata-rata penurunan biaya baterai dan penggunaan jalur produksi yang didedikasikan untuk membuat kendaraan listrik akan membuat produk otomotif serba listrik lebih murah untuk dibeli. Bahkan, sebelum mendapat subsidi, pembelian kendaraan tetap bisa lebih murah.

Masih menurut studi itu, pada kurun waktu enam tahun mendatang, harga sedang listrik yang kini mencapai EUR 40.000 -sebelum pajak- bisa dijual dengan harga yang sama dengan mobil BBM saat ini. Yang harganya hampir setengahnya, yakni sekitar EUR 20.000.(*)

Related Articles
Tech
Tesla Buka Stasiun Pengisian Daya untuk EV Merek Lain Akhir Tahun Ini

Tech
Berambisi Kuasai Pasar EV dan AV, General Motors Berinvestasi Rp 503 Triliun

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik