Entertainment

Hubungan Pacaran Kalian Sehat atau Nggak? Cek dengan 5 Kebiasaan Ini!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 10th 2021

(Foto: Nice100Team/Dribbble)

Buat kalian yang sudah in relationship alias taken, harusnya bahagia dong. Punya sosok yang bisa dipercaya dan bisa saling menyayangi tentunya impian buat semua orang. Namun, kalau kamu lagi ada di sebuah hubungan dan kadang merasa ada sesuatu yang mengganjal, coba cek deh hubungan kamu sehat atau tidak dengan lima poin di bawah ini seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Sering bicara tentang kebersamaan, bukan perpisahan

Nope, berbicara tentang kebersamaan bukan hal yang cringe kok. Entah lagi dalam kondisi baik atau lagi bertengkar, pasangan dengan hubungan yang sehat akan berbicara tentang gimana caranya bisa bareng.

Kalau sedikit-sedikit memutuskan hubungan atau mengancam dengan perpisahan… berarti ada yang salah dalam hubungan tersebut. Kedua pihak harus punya satu tujuan yang sama dan berjuang buat terus bersama, bukan salah satunya doang.

Berani bicara

Sering dengar ungkapan “silence is gold” atau semacamnya? Well, sebenarnya diam itu sama sekali bukan gold kalau di suatu hubungan. Masa iya lagi hangout cuma diam menatap gawai masing-masing. Masa iya cuma salah satu aja yang bicara terus satunya menanggapi ala kadarnya.

Pasangan yang sehat akan aktif berbicara entah tentang apa. Topik bukan sesuatu yang harus dicari-cari, tapi pembicaraan bisa mulai dari hal paling random sekalipun. Gak ada tuh ceritanya satu pihak jadi panitia mencari topik terus satunya lagi tinggal menanggapi. Selain hal-hal ringan, pasangan yang sehat juga bisa berbicara tentang hal yang berat. Entah pas lagi bertengkar atau punya sesuatu yang mengganggu.

Ketawa bareng!

Bisa tertawa bareng pasangan itu tanda hubungan kalian sehat lho. Memang ada saatnya butuh waktu serius, tapi bercanda juga penting dan berdampak baik buat hubungan. Sebuah penelitian yang dilakukan Doriz Bazzini et. al. menyebut pasangan yang lebih sering tertawa bareng memiliki kepuasan terhadap hubungan yang lebih tinggi.

Perhatian yang terfokus

Buat mengingatkan si doi kalau dia berharga, buat mereka seperti satu-satunya orang yang ada di ruangan ramai. Fokus ke doi, bukan melirik ke yang lain-lain atau sibuk sama ponsel. Bukan berarti harus selalu melihat ke arah dia sepanjang waktu lho ya, freak itu mah namanya. Maksudnya di sini lebih sering lakukan eye contact dan tunjukkan kalau kita memang hadir dan merasa bahagia~

Nyaman

Pasangan yang sehat memandang satu sama lain seperti sepatu lama yang umumnya sepatu yang paling nyaman dipakai karena sudah familier sama kaki kita. Artinya, kita gak harus ribet selalu berpenampilan “wah” setiap kali bertemu. Mereka bakal paham sisi diri kita yang sebenarnya, jadi bisa menerimanya. Mangkanya penting buat jadi “sepatu lama” untuk menjadi safe place yang bisa mendukung satu sama lain di keadaan apa pun.

Nah, itu dia sederet ciri-ciri pasangan yang sehat. Kalau hubunganmu saat ini memenuhi semuanya, bagus banget! Kalau gak ada poin yang kamu rasakan di hubunganmu… itu adalah sebuah red flag buat kamu mempertimbangkan lagi hubunganmu saat ini yang mungkin abusive. (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Entertainment
5 Alasan Toxic Relationship Susah Banget buat Dihentikan

Lifestyle
5 Langkah Dasar yang Perlu Dilakukan agar Hubungan Bertahan Lama