Tech

Clubhouse Akhirnya Tersedia di Android, tapi Masih Banyak Kekurangan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 10th 2021

Buat kalian pengguna Android dan cuma bisa iri kalau lihat InstaStory orang-orang yang gabung Clubhouse, ada kabar baik nih. Platform yang dulunya eksklusif buat pengguna iOS ini kini sudah dirilis di Google Play Store.

Eits, tapi untuk saat ini masih buat penduduk Amerika Serikat. Aplikasi itu juga dirilis dalam bersi beta, belum sepenuhnya dirilis resmi. Nantinya aplikasi siaran audio itu akan tersedia untuk semua negara berbahasa Inggris, lalu tentunya seluruh negara di dunia dalam beberapa minggu ke depan.

"Rencana kami untuk beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari pengguna, memperbaiki kendala apa pun yang ada, dan menambahkan fitur final seperti pembayaran dan pembuatan klub sebelum merilisnya lebih luas lagi," ujar perusahaan tersebut di unggahan blog mereka.

Yup, memang Clubhouse di Android bakal punya beberapa kekurangan dibanding versi iOS. Gak ada fitur mengikuti topik, terjemahan di dalam aplikasi, link profil Twitter dan Instagram, pembayaran (fitur tip yang baru dicetuskan), dan yang agak fatal: kita nggak bisa ganti nama profil dan nama pengguna. Oh iya, aplikasi ini juga tetap gak bisa digunakan bebas alias masih bersifat invite only.

Walaupun baru banget diluncurkan, aplikasi Clubhouse di Android sudah bikin server platform tersebut terganggu lho. Saking banyaknya yang berminat sepertinya. “Hal ini punya sisi negatif, karena tingginya beban ke sistem kami—mengakibatkan gangguan server dan kegagalan notifikasi dan melampaui limit awal algoritma discovery kami,” ungkap Clubhouse dilansir dari The Verge.

Memang sih Clubhouse akhirnya merambah ke Android… tapi sudah banyak banget tiruan aplikasi satu ini yang sedang dikembangkan sederet media sosial. Sebut saja Twitter dengan Spaces, Facebook dengan sederet fitur audio barunya, Spotify, hingga Discord. Banyak kan?

Apakah Clubhouse di Android bisa mempertahankan pamor mereka di dunia siaran live audio? Mari kita lihat (*)

Related Articles
Tech
Twitter Uji Coba ‘Spaces’, Fitur Ruangan Live Ramai-Ramai Tapi Hanya Audio

Tech
Clubhouse Rilis Fitur Baru, Bisa Kirim Uang buat Kreator dengan Beberapa Klik

Tech
Clubhouse Sudah Tersedia di PlayStore Indonesia, Ini Bedanya dengan Versi iOS