Entertainment

Taylor Swift Jadi Artis Wanita Pertama Penerima Global Icon Award di BRIT Awards

Taylor Swift world domination~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 10th 2021


(Foto: Evan Agostini/Invision/AP/Shutterstock)

Taylor Swift kembali bikin Swifties bangga dengan pencapaian terbarunya. Artis satu ini baru aja terpilih menjadi pemenang penghargaan Global Icon Award di BRIT Awards 2021. Menariknya, Taylor jadi artis wanita pertama lho yang berhasil mendapatkan penghargaan ini!

Kabar gembira ini diumumkan secara resmi, Minggu (9/5) lalu dan ajang penghargaannya baru akan diselenggarakan di London O2 Arena pada Selasa (11/5) mendatang waktu setempat.

Global Icon Award diberikan pada pelantun You All Over Me ini dengan dasar Taylor telah memiliki “dampak sangat besar terhadap musik di seluruh dunia dan banyak pencapaian luar biasa hingga saat ini.” Intinya sih penghargaan ini diberikan untuk artis yang karyanya benar-benar berdampak di musik Britania Raya dan seluruh dunia.

Sebelumnya penghargaan ini selalu dimenangkan oleh musisi laki-laki seperti Elton John (2014), David Bowie (2016), dan Robbie Williams (2017). Semua pemenang tersebut juga berasal dari Britania Raya, menjadikan Taylor Swift sebagai pemenang pertama yang bukan berasal dari negara tersebut. Ditambah lagi, di usia 31 tahun, Taylor juga yang berhasil menjadi artis termuda yang menerima penghargaan itu lho! Keren abis.

Bukan cuma penghargaan Global Icon Award, pelantun Mr. Perfectly Fine ini juga dinominasikan untuk kategori International Female Solo Artist di ajang penghargaan tersebut. Taylor akan bersanding dengan nama-nama besar lain yaitu Ariana Grande, Billie Eilish, Cardi B, dan Miley Cyrus. Taylor sendiri sudah memenangkan kategori ini di tahun 2015.

Namun, artis yang suka kasih hadiah kejutan buat para fan ini gak akan tampil di ajang penghargaan tersebut. Coldplay akan membuka acara untuk kelima kalinya selama karier mereka. Lalu ada juga Dua Lipa, Olivia Rodrigo, Griff, Headie One, Rag’n’Bone, dan P!nk.

Di luar itu, BRIT Awards gak lepas dari kontroversi nominasi yang dianggap erat kaitannya dengan gender karena artis laki-laki mendominasi. Sam Smith yang mendeklarasikan diri sebagai nonbiner juga gagal masuk ke nominasi apa apun, padahal album Love Goes miliknya memenuhi syarat kategori Best Album.

Sebelumnya Taylor Swift juga mencatatkan sejarah sebagai artis wanita pertama yang meraih tiga penghargaan Album of the Year di Grammy Awards. Duh, keren banget memang artis satu ini! (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Akhirnya Ketemu Taylor Swift di BRIT Awards, Olivia Rodrigo: Seperti Mimpi...

Entertainment
Taylor Swift Bawakan Pidato Menyentuh di BRIT Awards, Inspirasional Banget!

Entertainment
Taylor Swift Kode-Kode Ada Album Baru Lewat Penampilannya di BRIT Awards!