Current Issues

Lebih dari 100 Kampus di AS Wajibkan Mahasiswanya Ikut Vaksinasi Covid-19

Dwiwa

Posted on May 9th 2021

Mahasiswa Amerika Serikat yang ragu untuk menerima vaksinasi Covid-19 tampaknya harus berpikir ulang terkait keputusan mereka. Pasalnya, sebagian besar perguran tinggi di AS telah membuat prosedur baru jelang akhir semester musim semi ini.

Berdasarkan perhitungan CNN, lebih dari 100 perguruan tinggi dan universitas AS mengatakan mereka akan meminta semua mahasiswanya untuk mendapatkan vaksin Covid-19, sebelum mereka kembali ke kampus untuk semester musim gugur.

Awal bulan ini, perhitungan menunjukkan bahwa setidaknya 14 universitas dan perguruan tinggi menerapkan kebijakan itu. Lusinan institusi pendidikan tinggi pun mengikuti, dan mendemonstrasikan persyaratan vaksin. Beberapa sekolah mengatakan mereka akan membuat pengecualian karena alasan medis, agama, atau pribadi.

Baru-baru ini, Universitas Drew, Universitas Massachusetts di Lowell, Universitas Negeri Washington, dan Universitas Portland termasuk di antara institusi yang bergabung dalam daftar yang terus bertambah. Sebagian besar kampus yang mengadopsi kebijakan itu adalah sekolah swasta, meskipun beberapa lembaga publik juga memilikinya.

"Sejalan dengan konsensus perguruan tinggi dan universitas yang berkembang di seluruh negeri, Umass Lowell akan mewajibkan semua siswa residensial atau komuter untuk divaksinasi penuh terhadap Covid-19 sebelum awal semester musim gugur,” jelas universitas dalam sebuah pernyataan.

Universitas Portland mengambil kebijakan selangkah lebih maju dan mengumumkan bahwa mahasiswa, fakultas, dan semua staf diwajibkan untuk mendapat vaksinasi Covid-19 menjelang semester Musim Gugur 2021.

"Kami menyadari bahwa tidak semua wilayah negara atau dunia memiliki kesetaraan dalam akses ke vaksin, dan kami berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa dan karyawan kami," jelas Universitas Portland di situsnya.

Universitas Rutgers di New Jersey menjadi salah satu yang pertama mewajibkan vaksinasi virus corona untuk semua siswa jelang semester musim gugur. Dan jumlah institusi lain yang mengikuti diharapkan akan bertambah. Kalau di Indonesia ada kebijakan kayak gini juga, kira-kira kalian mau nggak nih buat divaksin Covid-19? (*)

Related Articles
Current Issues
WHO: Vaksinasi Anak-anak "Bukan Prioritas Tinggi" Saat Pasokan Global Terbatas

Current Issues
Resmi! BPOM Rekomendasikan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun

Current Issues
Ini Syarat dan Sejumlah Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Remaja 12-17 Tahun