Lifestyle

8 Kebiasaan yang Terlihat Sepele tapi Bisa Merusak Rambut, Stop Sekarang!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 9th 2021

(Foto: Elena Bondarenko/Getty Images/iStockPhoto)

Hayo, siapa yang setiap habis keramas langsung menyisir rambut atau suka agresif menggunakan handuk kepala biar rambut cepat kering? Dua kebiasaan yang terlihat simpel dan sering dilakukan ini ternyata punya efek buruk lho ke rambut. Nih, simak sederet kebiasaan sederhana yang ternyata bisa bikin rambut rusak.

1. Menyisir rambut habis keramas

Dilansir dari PopSugar, rambut basah cenderung lebih elastis daripada rambut kering sehingga lebih mudah rusak. Kalau kita menyisir terlalu kuat, rambut jadi lebih mudah patah atau tersangkut di sisir dan akhirnya rontok. Kalau mau tetap menyisir, pakai sisir bergigi jarang aja untuk sekadar menata rambut sedikit, jangan pakai sisir biasa yang rapat!

2. Terlalu sering pakai dry shampoo

Memang sih pakai dry shampoo benar-benar penyelamat kalau kita gak sempat keramas berhari-hari. Namun, terlalu sering pakai produk ini bisa bikin rambut rontok dan masalah di kulit kepala. Sisa-sisa partikel dry shampoo bisa tetap ada di kulit kepala dan bisa menutup folikel rambut (kantung tempat akar rambut berada).

3. Sering mengikat rambut model ponytail

Kuncir kuda memang jadi cara simpel mengatur rambut biar gak menghalangi aktivitas, tapi hati-hati kalau sering melakukan ponytail ketat. Ikatan yang terlalu kencang bisa menarik kulit kepala dan merusak akar rambut.

Terlalu sering mengikat rambut dengan kencang juga bisa menyebabkan traction alopecia, kerontokan rambut (bisa ditandai dengan kemunduran hair line juga) yang diakibatkan tekanan yang berlebihan pada rambut. Mending dijepit atau diikat longgar aja deh kalau tujuannya biar rambut gak mengganggu.

4. Mengeringkan rambut dengan handuk

Percaya atau nggak, mengeringkan rambut dengan handuk katun berpotensi bikn rambut kusam dan frizzy lho. Ini karena gesekan berlebihan dari bahan katun bisa menyerap kelembapan kulit kepala kita dan jadi kering deh. Alternatif mengeringkan rambut bisa dengan t-shirt.

5. Mencuci rambut dengan air panas

Mandi dengan air panas memang bikin relax, tapi sebaiknya jangan keramas dengan air bersuhu tinggi. Kulit kepala bisa jadi kering dan menstimulasi produksi minyak berlebih. Rambut juga jadi lebih rapuh dan mudah patah.

6. Memotong rambut terlalu sering atau terlalu jarang

Memotong rambut memang penting biar rambut tetap sehat, terhindar dari rambut yang bercabang. Namun, semua orang punya kondisi pertumbuhan rambut yang berbeda, jadi frekuensi memotong rambut juga berbeda. Gak ada hubungannya antara lebih sering potong rambut lebih cepat pertumbuhan rambut, semua tergantung dari kesehatan rambut.

7. Alat styling yang terlalu panas

Makin panas alat styling, makin bagus hasilnya? Oh, tentu tidak. Sebaiknya gunakan alat penata rambut dengan suhu tidak lebih dari 180 derajat celcius. Kalau terlalu panas, rambut benar-benar bisa terbakar lho. Buat blow dryer, pakai pengaturan panas paling rendah aja sudah cukup (kecuali rambutmu memang supertebal).

8. Pakai sarung bantal berbahan katun

Mirip seperti kasus handuk tadi, sarung bantal berbahan katun juga dapat menyerap kelembapan kulit kepala dan bikin rambut frizzy serta bercabang. Kalau kita tidur semalaman, tentunya sarung bantak menyerap semua kelembapan yang ada di kulit kepala. Lebih baik ganti ke bahan satin atau sutra kalau memungkinkan.

Nah, itu dia sederet kebiasaan sepele yang ternyata bisa bikin rambut rusak. Yang mana nih yang sering kamu lakukan? (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Penata Rambut di Kenya Ciptakan Model Rambut Mirip Coronavirus

Lifestyle
Seberapa Sering Sih Harusnya Kita Keramas Biar Rambut Tetap Bagus?

Interest
5 Alasan Kenapa Rambut Kamu Berminyak