Korea

Happy Seonho Day!

Mainmain.id

Posted on May 8th 2021

HARI INI, 8 Mei 2021, aktor Kim Seon-ho genap berusia 35 tahun. Atau 36, kalau menurut sistem usia di Korea. Seonhohada (sebutan fans Seon-ho, Red) dari seluruh dunia beramai-ramai membuat proyek untuk merayakan hari jadinya. Ada yang menggelar gathering virtual, bikin acara amal, maupun mengirim kado dan food truck ke lokasi syuting 2 Days & 1 Night. Nah, untuk seru-seruan, yuk kita bahas 36 trivia tentang Seon-ho. (Retna Christa-Seonhohada/Harian Disway)  

 

1 Lahir di Seoul, 8 Mei 1986.

2 Anak tunggal. Ia sering penasaran bagaimana rasanya punya saudara.

3 Namanya, Seon-ho, dalam pelafalan Korea berarti preference, atau preferensi. Itulah kenapa ia lebih memilih menyebut dirinya preferred actor. Atau aktor yang lebih disukai. Bukan aktor favorit. Menurutnya, preferensi terdengar lebih rendah hati. Karena bergantung pada selera.

4 Kuliah di Seoul Institute of the Arts jurusan penyiaran. Ia satu almamater dengan Park Seo-joon, Cho Jung-seok, Ra Mi-ran, dan beberapa aktor yang lebih senior dan top. Namun, justru fotonya yang dipajang di dinding kampus. Sebagai motivasi untuk mahasiswa.

5 Menjalani wajib militer saat masih berusia 20 tahun. Ia termasuk prajurit berprestasi. Bahkan diangkat menjadi asisten drill sergeant (sersan pelatih) di kamp Nonsan. Ia sempat menjadi instruktur Kim Jong-min pada 2007.  

6 Makanan favoritnya tteokbokki. Ia suka tteokbokki yang lebih banyak kue berasnya daripada odengnya.

7 Tapi ia gagal memasak tteokbokki saat fan meeting virtual di Tiktok pada 17 Januari lalu. Airnya terlalu banyak, sehingga kue berasnya lembek. 

8 Warna favoritnya biru.

9 Ingin menjadi aktor TV karena orang tuanya bukan orang berada. Mereka jarang nonton film di bioskop. Dengan membintangi serial, ayah ibunya lebih mudah menyaksikan penampilannya.

10 Pada syuting perdana 2 Days & 1 Night musim keempat, ia diramal bakal jadi superstar oleh Kim Jong-min. Ia bertanya, kenapa Jong-min bilang begitu. ’’Enggak tahu, aku cuma ngomong asal kok,’’ kata Jong-min. Tapi, kemudian Jong-min bilang Seon-ho punya image ’baik’. 

 

11 Ia sangat ngefans Kim Jong-min. Ia sering menyebut Jong-min sebagai dirinya di masa depannya. Itu bukan gurauan. Ia benar-benar respek terhadap konsistensi dan kerja keras Jong-min di dunia hiburan Korea selama lebih dari 20 tahun. Ia juga mengagumi mental Jong-min yang sangat kuat.  

12 Oleh Lee Su-geun (mantan member 2 Days & 1 Night legendaris), ia diramal bakal mengikuti jejak karir Lee Seun-gi. ’’Dari acara ini, kamu bisa membintangi 16 iklan,’’ kata Su-geun. Kini, Seon-ho sudah menjadi brand ambassador 13 produk.

13 Ke-13 produk itu adalah Food Bucket, Edition Sensibility, Shinhan My Car, La Roche Possay, Canon, Domino’s Pizza, Miima Mask, Wide Angle, Global Telecom (Filipina), Nau, dan 11Street. Serta Ajaib Sekuritas dan Everwhite dari Indonesia.    

14 Soal aktor senior, ia paling mengagumi Cho Jung-seok, lawan mainnya di Two Cops. Fakta ini sempat bikin Youn Jung-hoon, aktor senior di 2 Days & 1 Night, cemburu berat.

15 Pernah dijuluki Paper Doll saking kakunya saat menari. Kini ia sudah lumayan jago. Ia bahkan ikut menari dalam kampanye Rhythm of Korea yang diadakan departemen pariwisata Korea.

16 Paling suka membanggakan lesung pipinya. Dulu ia berpikir lesung pipi itu aneh. Tapi karena banyak yang memuji, ia jadi sayang banget.

17 Mulai tertarik pada fashion. Ia menggemari merek-merek yang tidak mainstream. Misalnya Wooyoungmi, yang koleksi musim panasnya pernah ia borong segerai.

18 Merek lain kesukaannya antara lain AMI, Pars, Acne Studios, dan Neil Barett. Untuk sepatu, dia sering memakai Golden Goose, Off White, dan New Balance. Sedangkan brand to go untuk pakaian outdoor adalah Patagonia dan (kini) Nau.

19 Berteman baik dengan Moon Ga-young. Seon-ho memanggilnya adik.

20 Bersahabat dekat dengan aktor Vincenzo Kwon Seung-woo. Mereka sama-sama besar di teater. Tahun lalu, mereka mempelajari skrip bersama. Seung-woo membaca naskah Vincenzo, sedangkan Seon-ho bersiap untuk Start-Up.

 

21 Kepada teman, ia suka memberi kado custom. Ia tahu benar apa yang sedang dibutuhkan teman-teman maupun stafnya. Buat DinDin dan Ravi yang hobi memakai kacamata, ia membelikan bingkai kacamata kembaran.

22 Pernah diisukan gay dengan D.O EXO. Menanggapi itu, ia cuma bilang, ’’Aku merasa terhormat kalau bisa berpasangan dengan Kyungsoo (nama asli D.O, Red).’’ 

23 Tidak terlalu dekat dengan ayahnya. Hubungan mereka ’’formal’’.

24 Punya kebiasaan ngelindur. Ia suka menyebutkan tokoh-tokoh manhwa (komik) favoritnya.

25 Ia adalah BLINK! Lagu Blackpink selalu ada di playlist-nya.

26 Tidak mau main teater di tengah jadwal syuting drama. Terlalu melelahkan!

27 Pernah pingsan waktu syuting di musim panas. Sejak itu ia berusaha meningkatkan stamina dengan lebih rajin olahraga dan minum suplemen.

28 Lebih suka anjing daripada kucing.

29 Saat senggang, ia paling suka membaca skenario. Bahkan kalo terdampar di pulau kosong, ia merasa akan baik-baik saja kalo membawa skrip drama.

30 Waktu mulai populer akhir tahun lalu, pengikut Instragram-nya naik drastis. Dari 400 ribuan jadi 3 jutaan dalam dua bulan. Ia suka diam-diam mengecek jumlah followers di sela syuting.

31 Menggunakan syuting 2 Days & 1 Night sebagai pelepas stres. Sebab di sana ia tidak perlu berakting dan menghafal naskah. Apalagi, kegiatannya senang-senang melulu.

32 Di antara anggota 2 Days & 1 Night, ia paling dekat dengan DinDin. Tapi kalau untuk curhat masalah hidup dan karir, ia menelepon Youn Jung-hoon.

33 Menginisiasi like battle dengan fans di Instagram. Ia suka adu cepat dengan fans untuk memberi like ke unggahan staf-nya, @kimseonho_staff_diary. Seonho sering me-like unggahan mereka dalam hitungan detik. Alhasil, banyak fans yang menyalakan tombol notifikasi.

34 Lagu andalannya di karaoke adalah Confession, milik Lim Jae-bum. Rilisan 1998.

35 Kalau boleh meminta sesuatu kepada Tuhan, ia kepingin lebih pintar menari.

36 Saat ini single. Tipe perempuan yang ia suka adalah yang menerima dia apa adanya, dan tertawa mendengar guyonan-guyonan garingnya… Duh!

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Korea
Drama To Watch Selama Mei

Korea
Doom at Your Service: Park Bo-young Meneken Kontrak dengan Kehancuran

Korea
4 Drama Kim So-hyun Paling Seru