Tech

Twitter Resmi Rilis Fitur Tip Jar, Kita Bisa Kasih Tip buat Pengguna Favorit

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 7th 2021

(Foto: Twitter)

Setelah diisukan diuji coba pada akhir April lalu, fitur Tip Jar akhirnya resmi diluncurkan di Twitter. Sesuai para pengguna bisa kasih tip ke akun favorit mereka sebagai bentuk dukungan untuk terus berkarya. Asyik nih buat kreator konten, ada tambahan cuan~

Fitur ini akan muncul dalam bentuk tombol bergambar uang di bio akun, tepat di samping tombol direct message. Setelah diklik, bakal muncul beberapa pilihan platform untuk memberi tip, seperti Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal, dan Venmo. Kalau kita pilih salah satunya, laman akan berubah ke web pilihan tersebut dan kita bisa kasih donasi di sana. Fitur ini juga bisa dilakukan di Spaces.

Tangkapan layar twit @Twitter

Sementara ini Tip Jar hanya tersedia untuk perangkat Android (hanya bisa di Spaces aja) dan iOS. Semua pengguna yang berbahasa Inggris bisa memberikan tip mulai Kamis (6/5) lalu. Namun, hanya sebagian kelompok pengguna yang bisa menerima tip seperti kreator konten, ahli, influencer, dan organisasi nonprofit.

Twitter tidak akan menarik bagian dari tip yang diterima kreator, setidaknya untuk saat ini. Tapi, biaya transaksi mungkin berlaku tergantung platform yang dipilih.

Untuk mulai menerima tip, pengguna Twitter yang masuk ke kelompok tersebut harus mengaktifkan fitur menerima tip dan mengisi nama pengguna akun platform penerima tip di bagian pengaturan.

(Foto: Twitter/9to5Mac)

Sayangnya fitur ini punya celah yang membuat alamat pemberi tip bisa diketahui oleh penerima tip melalui platform PayPal. Twitter bergerak cepat dengan memunculkan peringatan bahwa platform tip bisa membagikan data pribadi, tapi hanya sebatas itu.

Tangkapan layar twit @RachelTobac

Entah kapan fitur Tip Jar ini bisa dirasakan di Indonesia juga. Pasti asyik tuh bisa kasih tip ke akun foto kucing atau akun struggles yang kocak.

Di luar itu, Twitter baru aja memperbarui tampilan gambar yang dulunya di-crop menjadi penuh. Media sosial satu ini juga merilis sederet fitur baru untuk tiruan Clubhouse mereka, Spaces. Kini pengguna dengan pengikut lebih dari 600 bisa menjadi host di fitur siaran audio itu. (*)

 

Related Articles
Tech
Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Pengguna Bisa Langsung Kasih Donasi buat Kreator

Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse

Tech
Hari ini, Twit Pertama Bos Twitter Berusia 15 Tahun