Current Issues

Kanada Setujui Pemberian Vaksin Pfizer untuk Remaja

Dwiwa

Posted on May 6th 2021

Ada kabar gembira nih buat anak-anak muda di seluruh dunia. Pasalnya, setelah Pfizer menyatakan vaksin mereka aman dan memberikan perlindungan bagi anak-anak usia 12 sampai 15 tahun. Vaksin ini akhirnya mendapat izin penggunaan darurat di Kanada.

Dilansir dari AP, Dr Supriya Sharma, kepala penasihat medis di Health Canada, mengonfirmasi keputusan vaksinasi untuk masyarakat usia 12 hingga 15 tahun. Ia mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk segera membawa situasi menuju kehidupan normal.

Sekedar diketahui, keputusan itu membuat Kanada menjadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk kelompok usia remaja (12-15 tahun). Sementara itu Uni Eropa dan Amerika Serikat saat ini sedang melakukan peninjauan terhadap vaksin yang sebelumnya hanya diperbolehkan untuk orang berusia minimal 16 tahun.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amaerika Serikat (FDA) juga dikabarkan akan memberikan persetujuan vaksin Pfizer-BioNTech untuk remaja minggu depan. Mereka perlu menyiapkan banyak vaksin sebelum memulai kembali sekolah tahun ajaran berikutnya.

Pfizer sebelumnya mengumumkan jika hasil studi pada 2.260 relawan AS berusia 12 hingga 15 tahun memperlihatkan jika mereka yang divaksinasi penuh tidak menunjukkan adanya kasus Covid-19, dibanding 18 di antara mereka yang diberikan suntikan tiruan.

Perusahaan mengatakan anak-anak yang diteliti memiliki efek samping yang mirip dengan orang dewasa muda, terutama rasa sakit, demam, menggigil dan kelelahan, terutama setelah dosis kedua. Studi ini akan terus melacak peserta selama dua tahun untuk informasi lebih lanjut tentang perlindungan dan keamanan jangka panjang

Menurut Sharma, ada bukti bahwa vaksin itu aman dan efektif pada kelompok usia tersebut. Dia menambahkan jika sekitar seperlima dari semua kasus Covid-19 di Kanada terjadi pada anak-anak dan remaja. Oleh karena itu memberikan vaksin yang aman pada anak-anak dan remaja merupakan sebuah solusi.

Sharma mengatakan jika meskipun kelompok usia tersebut jarang mengalami sakit serius akibat Covid-19, vaksin juga membantu melindungi teman dan keluarga mereka yang mungkin berisiko tinggi mengalami komplikasi.

“Ini juga akan mendukung kembalinya anak-anak kita ke kehidupan yang lebih normal, yang mengalami kesulitan selama setahun terakhir,” katanya.

Para pejabat setempat berharap pemberian vaksin pada anak-anak akan menurunkan beban kasus lebih jauh. Juga memungkinkan sekolah dibuka kembali dengan gangguan seminimal mungkin. Vaksinasi itu juga diharapkan membuat para orang tua dan guru lebih merasa aman..

Vaksinasi pada remaja berusia 12 tahun ke atas di Kanada akan dimulai pada Senin mendatang. Mudah-mudahan aja Indonesia juga segera punya vaksin untuk remaja agar sekolah bisa kembali dibuka tanpa harus merasa khawatir berlebihan.(*)

Related Articles
Current Issues
Ini Syarat dan Sejumlah Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Remaja 12-17 Tahun

Current Issues
Biar Gak Bingung, Ini Panduan BPOM Soal Penggunaan Vaksin Bio Farma untuk Remaja

Current Issues
Resmi! BPOM Rekomendasikan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun