Tech

Saingi TikTok, YouTube Mulai Gulirkan YouTube Shorts

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 6th 2021

YouTube memang sudah lama mengembangkan Shorts, fitur penyedia video pendek yang digadang-gadang menjadi saingan TikTok. Fitur ini akhirnya akan diluncurkan ke publik pekan depan. Namun baru bisa digunakan oleh pengguna YouTube di Amerika Serikat.

Shorts menayangkan video berdurasi 15 hingga 60 detik pada gawai dalam format full-screen vertikal yang bisa di-swipe, persis TikTok. Shorts juga dapat menjadi tampilan alternatif bagi video-video YouTube di ponsel. Sementara dalam tampilan desktop, Shorts akan ditampilkan seperti video YouTube biasa.

Perbedaannya terdapat pada fitur editing videonya yang tidak sebanyak TikTok. Termasuk pilihan efek, musik, filter dan kecepatan pemutaran yang variatif. Meski demikian, Google mengatakan jika dalam waktu satu tahun, mereka akan merilis banyak filter dan efek baru yang bisa dipergunakan sesuka hati oleh para pengguna YouTube.

Shorts akan muncul di sebagai tab baru bertuliskan "Shorts" pada tampilan aplikasi mobile. Pengguna YouTube dapat mengeksplorasi konten-konten video pendek mirip TikTok via tab tersebut. Selain itu, video shorts yang direkomendasikan akan muncul di tab explore, bersamaan dengan video-video trending di YouTube.

YouTube saat ini merupakan situs video terbesar di dunia, dan cara untuk menanggulangi kompetitor barunya adalah dengan emmbuat duplikasi produk yang semirip mungkin. Strategi serupa sebelumnya pernah dilakukan Google dengan membuat YouTube Gaming untuk menyaingi Twitch, serta YouTube Stories untuk menyaingi Snapchat Stories yang berisikan video yang akan terhapus dengan sendirinya dalam 7 hari.(*)

Related Articles
Tech
Tiongkok Lebih Pilih TikTok AS Ditutup daripada Dijual kepada Perusahaan AS

Tech
Tanggapi Misinformasi Soal Perusahaan Mereka, TikTok Kini Buat Twitter Baru

Tech
Google Uji Coba Tampilkan Hasil Pencarian Berbentuk Video TikTok dan Instagram