Tech

Twitter Update Tampilan Gambar, Sekarang Ditampilkan Full Tanpa Crop

Ucapkan selamat tinggal buat meme open for surprise.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 6th 2021

(Foto: Twitter)

Setelah diuji coba pada pertengahan Maret lalu, Twitter kini resmi memperbarui cara menampilkan gambar di media sosial tersebut. Kalau biasanya gambar vertikal yang kita unggah otomatis di-crop buat preview, kini kita bisa melihat foto secara penuh tanpa perlu mengeklik fotonya.

Melalui akun resmi Twitter, platform satu ini menyebut tampilan foto tanpa dipotong ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna Android dan iOS. Di foto contohnya, terdapat sebuah perbandingan antara tampilan terdahulu dan tampilan terkini. Kalau di sisi kiri kita cuma bisa lihat leher si hewan, kini kita bisa melihat full betapa tingginya leher bebek atau angsa tersebut.

Melengkapi pengumuman fitur baru ini, Twitter juga memberitahukan rasio foto yang ditampilan secara penuh melalui komentar. Gambar yang memiliki rasio 2:1 dan 3:4 yang akan ditampilkan secara penuh tanpa terpotong.

Sebagian pengguna senang dengan penampilan gambar yang baru ini. Menampilkan gambar secara penuh mencegah adanya bagian mengejutkan dari foto yang baru terlihat pas diklik. Misal gambar gak senonoh atau yang nge-trigger fobia. Nggak semua pengguna kasih keterangan di setiap foto yang mereka unggah soalnya.

Tampilan tanpa Twitter Crop ini juga menghindari kejadian memalukan algoritma preview Twitter justru menampilkan bagian foto yang kurang pas—dan bikin heboh kalau gak dilihat secara penuh.

Karya-karya yang punya tampilan vertikal juga bisa dinikmati lebih baik. Namun, ini juga jadi kesedihan buat sebagian orang karena Twitter jadi tempat buat meme Open for Surprise”. Tahu dong foto yang kalau diklik baru menampilkan kejutannya.

Tangkapan layar twit @WatchmenID

Karena Twitter Crop sudah hilang, warga Twitter langsung ramai deh membanjiri linimasa dengan foto-foto panjang. Kalau tampilan gambar di Twitter kamu masih seperti awal, coba update aplikasi. Kalau di web atau Twitter Lite masih belum kebagian. Oh iya, sekarang tampilan gambar juga sudah bisa sampai 4K lho, jadi secara visual pasti oke banget deh~

Di luar itu, Twitter baru aja merencanakan merilis sederet fitur baru di tiruan Clubhouse mereka, Spaces. Nah, gimana nih menurutmu update tampilan gambar satu ini? (*)

Artikel Terkait
Tech
Twitter Coba Putar Video YouTube Tanpa Pindah Aplikasi dan Update Resolusi Foto

Tech
Twitter Update Kualitas Foto Hingga Resolusi 4K, Nih Cara Lihat dan Unggahnya

Tech
Hilangkan Retweet, Ini Langkah-Langkah Twitter Halau Hoax Pemilu AS