Entertainment

The Weeknd Masih Boikot Grammy Awards Meski Sistem Penilaian Sudah Diubah

"Kepercayaan para musisi dengan organisasi Grammy telah rusak sejak lama."

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 4th 2021

(Foto: Mike Ehrmann/Getty Images)

The Recording Academy, penyelenggara Grammy Awards, baru-baru ini menghilangkan sistem penilaian yang dulunya melibatkan sekelompok ahli musik anonim. The Weeknd, artis yang vokal menyuarakan korupnya ajang penghargaan tersebut, memberikan pandangannya perihal kebijakan baru yang diterapkan Grammy.

“Kepercayaan para musisi dengan organisasi Grammy telah rusak sejak lama sehingga tidak bijak langsung merasa menang,” ujar penyanyi bernama asli Abel Tesfaye itu pada Variety. Walaupun penilaian nominasi kini ditentukan secara voting 11.000 anggota Recording Academy, Abel tetap tidak akan mengizinkan karyanya dinilai oleh organisasi tersebut.

Sebelumnya pada Maret lalu pelantun Save Your Tears ini memang memutuskan untuk memboikot Grammy Awards karena menganggap ajang tersebut tidak transparan. Di Grammy tahun ini, penyanyi kelahiran 31 tahun lalu tersebut memang gagal masuk ke nominasi apa pun.

Meski masih menolak karyanya dinilai oleh Recording Academy, Abel merespons perubahan sistem penilaian itu sebagai hal yang baik. “Kurasa industri dan publik butuh melihat transparansi sistem yang berperan dalam setiap kemenangan yang dirayakan, tapi ini adalah awalan yang baik,” ujarnya.

“Aku masih tidak tertarik menjadi bagian dari Grammy, terlebih karena korupsi dan proses penerimaan pribadi yang telah terjadi selama berdekade-dekade. Aku tidak akan mengumpulkan karyaku ke depannya,” lanjut Abel.

Walaupun perubahan sistem penilaian yang terjadi setelah beberapa artis mengungkapkan protes mereka, pihak Recording Academy menolak bahwa protes tersebut menjadi faktor besar yang mendorong perubahan.

Namun, presiden Recording Academy, Harvey Mason jr., menyebut kejadian itu memang punya peranan. “Kapan pun seorang artis mempertanyakan proses yang kami lakukan atau menyebutnya tidak adil… Academy pasti terdampak dan ingin mengubahnya jadi lebih baik,” katanya.

Di luar itu, The Weeknd beberapa waktu belakangan kembali menggoda fan dengan twit misterusnya. Ia seakan mengirimkan kode-kode bahwa akan ada karya baru, apalagi sempat menyebut album hits After Hours masih belum usai. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Banjir Protes, Kini Grammy Awards Hilangkan Proses Penilaian Panitia Rahasia

Entertainment
The Weeknd Rilis MV ‘Save Your Tears’, Ini Pesan Rahasia yang Pasti Terlewatkan

Entertainment
The Weeknd Tolak Musiknya Dinilai Grammy Lagi setelah Gagal Masuk Nominasi