Esports

Roller Coaster karier Seorang “Luminaire”

Dika Afandi N

Posted on May 4th 2021

Siapa yang tak kenal dengan Ihsan Besari Kusudana atau kerap disapa dengan “Luminaire”. Ia merupakan pemain dari Evos Legends. Pada Minggu (2/5) lalu, “Luminaire” sukses mengantarkan Evos Legends menjuarai Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia untuk kedua kalinya. “Luminaire” dan rekan-rekannya berhasil menundukkan Bigetron Alpha di partai puncak dengan skor 4-2 serta ia sukses menyabet Most Valuable Player (MVP) grand final.

“Luminaire” bisa dikatakan karirnya di scene professional Mobile Legends bak roller coaster. Ia mengalami naik dan turun. “Luminaire” sendiri mengawali karirnya sebagai pemain profesional ketika memperkuat The Prime. Saat itu ia bergabung bersama “Clover”, yang saat ini menjadi rekan satu tim “Luminaire” juga di Evos Legends.

Saat itu “Luminaire” membela The Prime untuk gelaran MPL Indonesia Season 3. Akan tetapi, “Luminaire” memilih hengkang di pertengahan jalan. Sebab, The Prime tak lolos ke playoff MPL ID Season 3.

Tak lama kemudian “Luminaire” bergabung dengan Evos Esports bersama dengan Eko “Oura” Julianto, Yurino “Donkey”, Gustian “REKT”, dan Muhammad “Wannn” Ridwan. Roster saat itu dikenal dengan sebutan “W.O.R.L.D”. “Luminaire” ketika itu berhasil membawa Evos Legends menjuarai MPL Indonesia untuk pertama kalinya. Momen tersebut terjadi di MPL ID Season 4.

Selain itu juga, ia mematahkan statement bahwa Evos Legends merupakan spesialis runner up di MPL Indonesia. Kegemilangan “Luminaire” pun terus berlanjut. Ia sukses mengantarkan Evos Legends meraih juara di Mobile Legends World Championship (M1). Kala itu Evos Legends mengandaskan rival abadinya yaitu RRQ Hoshi di partai puncak.

Kariernya semakin melesat bak roket ketika ia terpilih sebagai roster Indonesia di ajang SEA Games 2019 waktu itu. Tetapi, ia hanya mampu membawa Ibu Pertiwi meraih medali perak saja setelah kalah oleh Filipina di grand final.

Tetapi di gelaran MPL ID Season 5, “Luminaire” tak bisa mengulang momen indahnya seperti di MPL ID Season 4. Meskipun lolos ke grand final, ia dan Evos Legends harus takluk dari sang rival, RRQ Hoshi, serta merelakan trofi MPL Indonesia berpindah ke tangan mereka.

Gejolak pun mulai melanda Ihsan. dilansir dari Youtube milik “Ranger Emas”, “Luminaire berkomentar bahwa dirinya memilih vakum di gelaran MPL ID Season 6 karena adanya komitmen dengan keluarga untuk melanjutkan kuliahnya. Tetapi, “Luminaire” tak meninggalkan dunia game begitu saja. Ia sering kali melakukan live streaming di channel Youtube pribadinya.

Ia sekarang tidak melanjutkan kuliahnya lagi dan memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan kembali ke professional scene. Streaming baginya membosankan. Sebab monoton sekali dilakukan seperti seorang pekerja kantoran.

Sempat terdengar kabar ditelinga, bahwa “Luminaire” akan pensiun kembali bersama “REKT” untuk perhelatan MPL Indonesia Season 8. Tetapi sepertinya niat tersebut akan diurungkan “Luminaire”karena ia akan membela Evos Legends di Mobile Legends South East Asia Cup (MSC) 2021.(*)

Related Articles
Esports
Roster Evos Legends Bertabur Bintang Baru, Alter Ego Andalkan Pemain Lama

Esports
MPL ID Season 7: Sang Giant Slayer Depak Onic Esports

Esports
Putuskan Tak Main, “Rexxy” Gantikan “Luminaire” di MSC 2021