Tech

Facebook "Ancam" Pengguna iOS 14 "Harus Bayar" Kalau Nggak Dibolehin Lacak Data

Pilih privasi atau “bebas” pakai Facebook dan Instagram nih?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 3rd 2021


(Foto: Facebook)

Apple baru aja meluncurkan update iOS versi 14.5 di akhir April lalu. Tapi pembaruan ini sudah bikin Facebook dan Instagram kisruh. Pembaruan kali memperketat privasi pengguna produk Apple dengan memberikan pilihan pada pengguna memperbolehkan satu aplikasi melacak data atau tidak.

Nah, bukan rahasia lagi kalau Facebook dan Instagram melacak data pengguna salah satunya untuk menayangkan iklan yang sesuai sama data kita. Misalnya kita remaja SMA yang lagi suka stalking akun musik, besar banget kemungkinan iklan toko musik bakal muncul. Nope, itu bukan kebetulan. Iklan jadi pemasukan besar buat dua aplikasi tersebut, mangkanya penting untuk dibuat tepat sasaran.

Karena update iOS 14.5 memungkinkan pengguna mencegah suatu aplikasi melacak data, tentunya koleksi data Facebook dan Instagram jadi berkurang. Efektivitas iklan menurun. Nggak worth it lagi dong iklan di dua platform tersebut. Pemasukan turun. Oh, tidak!

Sebagai usaha membujuk pengguna iOS terbaru tetap memperbolehkan mereka melacak data, Facebook dan Instagram menampilkan sebuah pesan ancaman halus di ketika membuka dua aplikasi tersebut.

Intinya pesan tersebut berusaha meyakinkan bahwa dengan mengizinkan aplikasi tersebut melacak data, kita akan memperoleh keuntungan seperti… iklan yang lebih personal, mendukung bisnis yang bergantung pada iklan, dan “membantu Instagram/Facebook bebas dari biaya”.


Tangkapan layar twit @ashk4n

Hayo lho. Secara gak langsung ini pesan yang bernada, "Ayo dong kasih data, kalau gak kamu harus bayar buat pake platform kita!" Well… memang benar segala yang ada di dunia ini sebenarnya gak ada yang gratis. Kita bayar aplikasi gratis dengan privasi kita.

Di luar itu, Facebook akan merilis sederet fitur audio baru mulai dari Sound Studio buat edit karya suara sampai story versi suara bernama Soundbites. Platform ini juga sedang menguji coba platform mirip Clubhouse bernama Hotline.

Instagram juga akan rilis filter kata-kata kasar untuk menghalau perkataan warganet di komentar atau DM. TikTok tiruan buatan Instagram, Reels, juga punya fitur remix, tiruan fitur duet yang ada di TikTok.(*)

Related Articles
Interest
Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp

Interest
Apple Luncurkan Beta iOS yang Terkoneksi dengan Instagram dan Facebook

Tech
Ujicoba Fitur Baru, Instagram Tampilkan Semua Story pada Satu Layar