Entertainment

Billie Eilish Sebut Lagu “Your Power” Jadi Surat Terbuka buat Semua Abuser

Sekaligus ungkap pengalamannya jadi korban kekerasan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 3rd 2021

(Foto: YouTube Billie Eilish)

Setelah merilis lagu barunya yang berjudul Your Power pada Kamis (29/4) lalu, Billie Eilish mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang cerita di balik lagu tersebut. Billie memang sempat menyebut lagu ini “punya tempat tersendiri di hatinya” dan kini ia menjelaskan alasannya pada British Vogue.

Ditujukan buat orang-orang yang suka mengambil kesempatan dalam kesempitan

Penyanyi kelahiran 19 tahun lalu ini menyebut Your Power merupakan “sebuah surat terbuka untuk orang-orang yang mengambil keuntungan—kebanyakan laki-laki.” Billie juga menyebut bahwa lagu ini menggambarkan keadaan yang sering terjadi, bukan ditujukan untung satu orang aja (awalnya diduga ditujukan untung sang mantan, rapper Brandon Adams).

Masih berkaitan tentang kekerasan, Billie juga mengungkapkan ia pernah menjadi korban kekerasan di bawah umur dan nggak menyadarinya.

“Dulu aku gak paham kenapa usia itu penting. Tentu kita merasa seperti itu karena kita masih muda dan merasa sudah sangat dewasa, tahu segalanya…. Orang kadang lupa kita bisa bertumbuh dan sadar betapa kacaunya kita saat muda,” lanjutnya.

Siapa pelaku kekerasan terhadap Billie?

Karena Your Power erat kaitannya dengan kekerasan anak di bawah umur (minors), dalam wawancara tersebut Billie sempat menceritakan sedikit mengenai hal tersebut. Walaupun nggak detail, adik dari Finneas ini menyebut orangnya bukan dari industri musik.

“Kamu selalu bisa dimanfaatkan. Itu masalah yang besar di dunia kekerasan dalam rumah tangga atau pemerkosaa. Ketika perempuan yang percaya diri menemukan situasi di mana merasa, ‘Lho, aku korbannya di sini?’ Rasanya sangat memalukan dan terhina berada di posisi yang kita rasa kita paham betul,” ujar pelantun Therefore I Am tersebut.

Di luar itu, Billie juga menyambut album barunya, Happier Than Ever dengan gaya yang benar-benar baru. Kini penyanyi satu ini mengenakan outfit yang revealing dan terlihat cantik banget. Memang beda banget sama gayanya terdahulu dengan pakaian serba longgar, tapi ia sama sekali gak takut dihujat karena gaya barunya itu.

Tangkapan layar unggahan Instagram @billieeilish

“Tiba-tiba kamu jadi orang yang munafik kalau kamu mau menunjukkan kulitmu, kamu terlalu gampangan, dan kamu perempuan gak benar. Kalau aku sih bangga. […] Menunjukkan tubuh dan kulit atau nggak, seharusnya gak mengambil rasa hormat darimu,” pungkasnya. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Billie Eilish (dan Ularnya) Bikin Merinding dalam MV Lagu Baru “Your Power”

Entertainment
Billie Eilish Sering Menangis Jelang Peluncuran Album, Tapi Terapi Membantunya

Entertainment
Billie Eilish Rilis Album ‘Happier Than Ever’, Hadirkan Vibes yang Beda Banget!