Entertainment

Marvel Digugat Karena Diduga Meniru Desain untuk Kostum Iron Man

Jingga Irawan

Posted on May 3rd 2021

Sebuah kabar mengejutkan datang dari industri perfilman Hollywood. Dilansir dari Comicbook Senin (3/5) perusahaan buku komik yang berbasis di Montreal, Horizon Comics dan pendirinya, Ben dan Raymond Lai, menggugat Disney dan Marvel Entertainment karena tuduhan pencurian desain kostum.

Ben dan Raymond Lai berpendapat bahwa Marvel berulang kali mencuri desain mereka pada beberapa kesempatan di film Iron Man, Ant-Man, dan Avengers. Mereka menganggap bahwa karya tersebut digunakan tanpa persetujuan atau kompensasi kepada Horizon Comics. Tuntutan yang diajukan adalah meminta tergugat membayar ganti rugi kepada penggugat, termasuk biaya pengacara-klien.

Desain yang dipermasalahkan berasal dari seri Radix tiga volume yang diterbitkan oleh Image Comics dari Desember 2001 hingga April 2002. Berdasarkan gugatan, setelah keberhasilan seri Radix, pemimpin redaksi Marvel C.B. Cebulski berusaha untuk mempekerjakan Lai bersaudara sebagai artis untuk Marvel berdasarkan serial tersebut, tetapi mereka menolak.

Kemudian, muncul insiden terpisah di mana Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyalin ilustrasi untuk mendapatkan dana hibah penelitian dari Institute for Soldier Technology pada tahun 2002.

MIT kemudian mengeluarkan permintaan maaf ke publik karena menggunakan ilustrasi tersebut tanpa persetujuan. Setelah insiden tersebut, Marvel menghubungi Lai bersaudara lagi dan pada 2002 dan mereka menerima ajakan mengerjakan komik Thor dan X-Men.

"Kami memulai Radix pada tahun 1995 dengan tujuan menciptakan sesuatu yang unik. Dengan Radix kami menjadi dikenal dan diakui di industri buku komik Amerika. Kami membuat nama untuk diri kami sendiri. Itu memungkinkan kami untuk bekerja di mana-mana, termasuk Marvel ," kata Lai bersaudara dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Comicbook.

Kemudian, mereka membandingkannya dengan insiden bersama MIT. "MIT (Massachusetts Institute of Technology) menyalin salah satu karakter Radix pada tahun 2002 untuk mendapatkan hibah senilai USD 50 juta, kami memutuskan untuk tidak menuntut karena mereka secara terbuka meminta maaf dan mengakui kesalahan mereka. Tetapi dengan Marvel, itu pelanggaran berulang.”

Lai bersaudara merasa bahwa Marvel terus meniru karakter yang dibuatnya. Sehingga, merusak karya dan memengaruhi kemampuan mereka untuk mencari nafkah sebagai artis.

“Jelas bahwa kami tidak dapat menerima perilaku yang berulang ini. Satu-satunya cara untuk mewujudkannya hak untuk mengajukan proses ini,” kata Lai bersaudara.

Adapun desain yang diklaim oleh Horizon Comics dan Lai bersaudara yang dicuri Marvel, secara khusus disebutkan adalah kostum Iron Man 3 yang menurut gugatan tersebut sangat mirip dengan setelan yang dikenakan oleh Caliban, salah satu karakter yang digambarkan dalam Radix 1.

Sebelumnya, Horizon Comics juga pernah mengajukan gugatan terhadap Marvel pada 2013 yang sebagian ditolak, tetapi sebagian dilanjutkan terkait desain poster film. Namun, Marvel memenangkan gugatan itu pada 2019. Hakim Pengadilan Distrik AS J. Paul Oetken menemukan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Marvel meniru desain poster Iron Man 3 dari gambar Caliban.

Dalam gugatan baru di Kanada ini, Horizon berpendapat bahwa Marvel terus melanggar desainnya, khususnya dengan penampilan Iron Man di Avengers: Infinity War, dan juga mengklaim pelanggaran antara desain karakter Ant-Man and the Wasp dengan karakter militer di Radix 2.

"Baik Horizon maupun Lai bersaudara tidak memberikan persetujuan apa pun, baik tersurat maupun tersirat, untuk reproduksi karya Marvel. Sebaliknya, Horizon sebelumnya pernah bertindak sesuai hukum Amerika Serikat untuk menegakkan haknya sebagai bagian dari karya. Setelah klaim hukum pertama ini, Marvel melanggar hak cipta Horizon dengan cara yang bahkan lebih mengerikan,” bunyi gugatan tersebut. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Robert Downey Jr. Tepis Kabar jadi Cameo di Film 'Black Widow'

Entertainment
Tom Cruise akan Perankan Iron Man di Film Dr. Strange. Benarkah?

Hobi
Marvel Perkenalkan Sosok Hero Baru dari Korea, Taegukgi