Current Issues

Inggris Uji Coba Konser Musik Live dengan 5.000 Penonton Tanpa Masker

Dwiwa

Posted on May 3rd 2021

(Uji coba konser musik di Liverpool Inggris. REUTERS/Jason Cairnduff)

Setelah selama berbulan-bulan konser tidak pernah diselenggarakan di Inggris, dampak dari pandemi Covid-19, penduduk setempat akhirnya bisa kembali menikmati festival musik secara live. Sebuah acara live music dihadirkan di Liverpool, Minggu (2/5). Sekitar 5.000 peserta hadir tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Dilansir dari Reuters, orang-orang yang hadir di konser terbuka -yang diadakan di Sefton Park- itu tidak menggunakan masker. Jaga jarak juga tidak ditegakkan dalam kegiatan ini. Tetapi, mereka semua sudah dinyatakan negatif saat menjalani tes Covid-19 dan berjanji melakukan tes lagi lima hari setelah festival.

Konser ini merupakan bagian dari uji coba yang dilakukan oleh pemerintah Inggris untuk memahami pengaruh kerumunan orang terhadap penyebaran virus. Bahkan meski semua penonton sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Direktur Pelaksana Festival Republic Melvin Benn berharap proyek pencontohan ini bisa memainkan peran penting dalam mengembalikan berbagai acara outdoor yang sempat terhenti akibat pandemi.

Konser pertama dalam setahun terakhir itu pun membuat para penonton bisa kembali merasakan atmosfer 2019, sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia. "Kalian bisa merasakan bahwa beban dalam 12 bulan terakhir hingga 15 bulan terakhir ini bisa sedikit terangkat,” ujar Benn.

Konser malam itu diisi oleh penyanyi-penulis lagu lokal Zuzu. Ada pula grup indie pendatang baru The Lathums, dan puncak konser oleh band indie Blossoms.

Konser yang berlangsung 6 jam ini tentu jauh dari hedonisme acara-acara besar seperti festival Glastonbury yang dilaksanakan selama lima hari. Tetapi para penonton mengatakan mereka senang sesaat bisa kembali menikmati kehidupan normal yang terenggut oleh Covid-19.(*)

Related Articles
Current Issues
Vaksin Pfizer Diklaim Bisa Lindungi dari Mutasi Baru Covid-19

Current Issues
CDC: Guru Mungkin Berperan Penting Dalam Penularan Covid-19 di Sekolah

Current Issues
Vaksin Moderna Klaim Dapat Berikan Perlindungan dari Varian Baru Covid-19