Entertainment

6 Karakter Marvel Ini Ternyata Pernah jadi Captain America

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 2nd 2021

Meski Chris Evans sudah pensiun dari perannya sebagai Captain America, karakter superhero Marvel satu ini tetap "hidup" dan menjadi favorit banyak orang. Peran dan posisinya di dalam MCU pun tetap langgeng. Terbukti dengan serial MCU The Falcon and the Winter Soldier yang ceritanya berfokus pada kekosongan peran Captain America di dalam semesta Marvel.

Dua karakter sahabat Steve Rogers, yaitu Sam Wilson (Anthony Mackie) alias The Falcon dan Bucky Barnes (Sebastian Stan) alias Winter Soldier berusaha mempertahankan perisai dan status Captain America, warisan sahabat mereka dari tangan-tangan jahat. 

Dalam sejarah cerita komik Marvel, peran Captain America sendiri memang tidak hanya pernah dipegang oleh Steve Rogers seorang. Kompleksitas cerita komik Marvel, terutama karena adanya sistem multiverse, menciptakan banyak varian cerita dan karakter yang memerankan Captain America seiring dengan masa.

Ada beberapa karakter Marvel lain yang pernah mengambil peran sebagai Captain America, dan sebagian di antaranya tidak asing bagi penggemar MCU. Siapa saja mereka? Mainmain.id kali ini merangkum enam orang karakter Marvel yang pernah menjadi Captain America!

1. Steve Rogers

Tentu saja Steve Rogers tidak bisa dihapus dari daftar ini. Dia adalah sosok utama yang memerankan Captain America di hampir sepanjang usia waralaba tersebut.

Steve Rogers menyandang gelar Captain America saat ia bertugas dalam Perang Dunia II melawan HYDRA, organisasi kejahatan yang berambisi menciptakan super soldier dan menguasai dunia.

Chris Evan memerankan Steve Rogers dalam 10 film MCU, menjadikannya dan sosok Steve Rogers sebagai sosok tak terpisahkan dalam cerita Captain America.

 

2. Jeffery Mace

Penggemar serial Agents of S.H.I.E.L.D. pasti mengenal sosok Mace sebagai direktur S.H.I.E.L.D. yang baru. Meski demikian, dalam versi komiknya, Jeffery Mace dikenal sebagai sosok Patriot, dan dia pernah mengambil perisai Captain America dan menggantikan Sreve Rogers pada Captain America Comics #59.

 

3. Frank Castle

Sosok antihero jagoan, The Punisher ternyata pernah menjadi Captain America dalam versi komik. Pada komik What If? Age of Ultron #4, The Punisher alias Frank Castle mengambil perisai Captain America dan menjadi super-soldier antihero dengan perisai tersebut. Tindakan tersebut diambilnya karena kekagumannya kepada sosok Steve Rogers.

Sementara itu dalam semesta alternatif, Frank Castle sendiri memang merupakan Captain America, namun versi cerita yang ini tidak terlalu populer.

 

4. John Walker

John Walker adalah pengganti Steve Rogers baik di cerita MCU maupun komik. Diceritakan dalam komik Captain America #333, John Walker yang merupakan tentara veteran yang berprestasi di medan perang. Ditambah dengan kemampuan fisiknya yang diatas rata-rata, dia menjadi kandidat kuat untuk menerima serum super soldier. Namun sayangnya, dari sisi moral, Walker sama sekali berbeda dengan Steve Rogers.

Dalam versi serial The Falcon and the Winter Soldier, Walker menemukan serum super soldier dalam kapsul di sebuah tempat terpencil setelah Winter Soldier, Falcon, Baron Zemo dan Battlestar menyusup ke markas Flag Smasher untuk menghentikan aksi jahat Karli Morgenthau.

 

5. Bucky Barnes

Dalam versi komiknya, Bucky mewarisi perisai Rogers setelah sahabatnya tersebut mati dalam komik Captain America #34 tahun 2008 silam. Selama berperan sebagai Captain America, Bucky berusaha memperbaiki kesalahan yang pernah ia perbuat sebagai Winter Soldier dan menolong semua orang.

Bucky akhirnya berhasil mendapatkan respek dari Avengers serta kepercayaan dari warga AS. Sebagian besar cerita terbaik Bucky dalam komik Marvel berasal dari part ini.

 

6. Sam Wilson

Sam Wilson adalah pengganti Steve Rogers yang paling mutakhir, baik di cerita versi komik maupun MCU. Pada akhir cerita Avengers: Endgame, Steve Rogers menyatakan pensiun dari perannya sebagai Captain America, lalu mewariskan perisainya kepada Sam. Sam yang merasa tidak pantas menerima perisai tersebut akhirnya menyerahkan perisai vibranium itu kepada Pemerintah AS.

Namun dalam perkembangan cerita The Falcon and the Winter Soldier, Sam dan Bucky akhirnya berusaha merebut kembali perisai tersebut dari John Walker dan berusaha menyelamatkan dunia dari ancaman baru. Dalam aksinya, Sam dipersenjatai dengan kostum baru hasil produksi Wakanda, dimana sayap prostetiknya dibuat kembali dalam versi vibranium.(*)

Related Articles
Entertainment
The Falcon and The Winter Soldier Tampilkan LAF, Kelompok Kriminal Baru

Entertainment
Akan Ada Banyak Easter Egg MCU di The Falcon and The Winter Soldier. Apa Saja?

Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?