Entertainment

Banjir Protes, Kini Grammy Awards Hilangkan Proses Penilaian Panitia Rahasia

Thanks to The Weeknd, Zayn Malik, dan sederet pihak lain yang speak up.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 2nd 2021

(Foto: Jason LaVeris/FilmMagic)

The Recording Academy, penyelenggara Grammy Awards, baru saja mengumumkan perubahan besar dalam proses penilaian musisi dan karya musik yang mereka terima. Kini penliaian tidak lagi berdasarkan penialian juri yang anonim, melainkan hasil voting ribuan anggota.

Pada Grammy Awards pertama hingga tahun ini, nominasi ajang tersebut ditentukan oleh 15-30 orang rahasia yang disebut ahli di bidang musik. Penilaian ini akan digantikan dengan sistem voting oleh 11.000 anggota Recording Academy untuk hasil yang lebih adil dan tidak bias.

Proses penilaian yang selama ini serbarahasia menuai protes dari sederet musisi. Misalnya The Weeknd yang memutuskan untuk memboikot Grammy Awards setelah gagal masuk ke nominasi apa pun di tahun ini.

“Karena panitia yang dirahasiakan, aku tidak akan mengizinkan label mengirimkan karyaku ke Grammy,” ujarnya pada New York Times. Abel juga menyebut ajang tersebut “korup dan berutang transparansi pada dirinya, penggemarnya, dan industri musik.”

Bukan hanya The Weeknd, Zayn Malik juga menyuarakan protesnya pada Grammy Awards. Mantan personil boyband One Direction ini menyebut perlu ada “jabat tangan” dan “kiriman hadiah” untuk mendapatkan pertimbangan masuk ke nominasi.

Presiden Recording Academy terdahulu, Deborah Dugan, juga sempat mengkritisi panitia penilaian Grammys.

Dilansir dari Entertainment Weekly, Dugan sempat melayangkan protes pada 2020 dengan menyebut, “Bukannya mengutamakan proses nominasi yang transparan, dewan pengawas justru memilih untuk menjalani proses dengan kerahasiaan dan secara berpengaruh mengontrol siapa yang dinominasikan untuk Grammy Awards,” ujarnya.

Melalui pernyataan resmi di web Grammy Awards, presiden Recording Academy saat ini, Harvey Mason jr., menyebut bahwa perubahan ini dilakukan untuk “terus memurnikan dan melindungi integritas proses ajang penghargaan.”

Selain perubahan penilaian tersebut, Recording Academy juga menambahkan dua kategori baru yaitu Best Global Music Performance dan Best Música Urbana Album. Semua perubahan dan pembaruan ini akan mulai dilaksanakan pada Grammy Awards 2022 mendatang. (*)

 

Related Articles
Entertainment
The Weeknd Masih Boikot Grammy Awards Meski Sistem Penilaian Sudah Diubah

Entertainment
Mulai Post Malone sampai Doja Cat Berpeluang Masuk Nominasi Grammy

Entertainment
Zayn Malik Sebut Grammy Awards Gak Transparan dan Perlu Suap biar Bisa Masuk