Sport

Ada Rian di Sembilan Pemain ”Kesayangan” Shin Tae-yong

DBL Indonesia

Posted on May 2nd 2021

SUDAH tak ada nama Rachmat Irianto dalam sesi latihan Persebaya di Stadion Tambaksari, Surabaya, Sabtu (1/5). Kapten Persebaya itu sudah bertolak ke Jakarta. Bergabung dalam pemusatan latihan timnas. Selain Rian –begitu ia akrab dipanggil– turut dipanggil dua pemain Persebaya lainnya, Arif Satria dan Koko Ari Araya.

Bagi Rian, itu membuat namanya tak pernah absen dari panggilan timnas. Sejak timnas ditangani Shin Tae-yong pada 2020. Selain Rian, ada delapan pemain lain yang selalu rutin dipanggil coach Shin. Yakni, Nadeo Argawinata (Bali United), M. Riyandi (Barito Putera), Andy Setyo (Persikabo), Pratama Arhan (PSIS), Irfan Jauhari (Bali United/Persis), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Osvaldo Haay (Persija), dan M. Rafli (Arema FC).

Sembilan pemain tersebut patut disebut sebagai pemain kesayangan Shin Tae-yong. Terbukti, mereka selalu dipanggil untuk mengikuti TC timnas. Itu tentu bukan subjektivitas pelatih saja. Ada konsistensi permainan yang ditunjukkan sembilan pemain tersebut.

”Alhamdulillah masih dipercaya. Semoga bisa terus memberikan yang terbaik untuk timnas,” kata Rian kepada Harian Disway saat ditemui di lapangan Tambaksari.

Disebut sebagai kesayangan, Rian menempatkan hal itu bukan sebagai pujian. Justru ia melihatnya sebagai tantangan. Agar terus meningkatkan kemampuan. ”Apalagi, coach Shin itu orangnya perfect. Ia ingin seluruh pemain menunjukkan totalitas dan peningkatan. Baik di latihan maupun pertandingan. Jika karena pemanggilan itu disebut kesayangan, berarti (saya) harus lebih baik lagi,” ujarnya.

Kabarnya, TC di Jakarta akan berlangsung sampai 11 Mei. Setelah itu, dari 34 pemain, akan diboyong ke UEA untuk menjalani pemusatan latihan di sana. Artinya, para pemain timnas akan menjalani Lebaran di tanah Jazirah Arab.

Rian pun sudah pamit kepada keluarga besarnya. Bahkan, sebelum berangkat, ia mengajak buka bersama orang tua dan adik-adiknya. ”Sudah pamitan. Mungkin Lebaran gak di rumah. Saling mendoakan dari jauh saja,” ujarnya.

Sementara itu, asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto mengaku bingung dengan isu pemain titipan di skuad Garuda. Menurutnya, semua pemain yang dipanggil dilihat berdasar kualitas. Menurut Nova, sebagian pemain yang dipanggil juru taktik asal Korea Selatan itu merupakan wajah lama. Kecuali, Marc Klok dari Persija Jakarta dan wonderkid Persita Tangerang Atalaric Ballah.

Isu adanya pemain titipan mencuat lantaran terdapat nama Nurhidayat Haji Haris dan Aqil Savik dalam pemanggilan 34 pemain itu. Padahal, keduanya sama sekali tidak tampil di Piala Menpora 2021. "Kabar pemain titipan ini membuat saya bingung. Saya pastikan tidak ada pemain titipan dalam TC kali ini. Ini karena kalau dilihat dari 34 nama yang dipanggil, hampir semua pemain pernah dipanggil dan dilihat kemampuannya langsung oleh coach Shin," kata Nova. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Pilih Mayoritas Pemain Muda, Cara Shin Tae-yong Merestart Timnas

Sport
Curhat Pemain Persebaya Arif Satria Ketika Tak Dibawa ke TC Timnas di Dubai

Sport
Aji Santoso sang Penjaga Tradisi