Sport

Lebih Suka Empat Pemain Asing

Mainmain.id

Posted on May 2nd 2021

WACANA PSSI untuk membatasi jumlah pemain asing di Liga 1 musim ini menimbulkan beragam reaksi. Pelatih Persebaya Aji Santoso pun turut mengungkapkan pendapatnya. Aji mengaku lebih senang jika aturan sebelumnya terkait pemain asing tidak diubah. Yakni, tetap memberikan kuota 4 pemain asing, terdiri atas 3 pemain non-Asia dan 1 orang Asia.

Aji mengungkapkan, pendapatnya itu lebih pada faktor subjektivitas sebagai pelatih. Ia menyebut kebutuhan Persebaya saat ini tetap empat pemain asing. Hal itu, menurutnya, sudah berdasar hasil evaluasi pasca-Piala Menpora lalu. Plus, menyikapi kondisi saat ini, yakni banyak pemain Persebaya yang dipanggil timnas.

Aji pun mengaku sudah menyiapkan empat pemain asing. Nama-nama itu sudah ia kantongi, bahkan diskusikan dengan manajemen. Ia sudah mengetahui kualitas dan skill empat pemain tersebut. ”Kebutuhan kami saat ini memang empat pemain asing. Dua yang wajib, yakni di lini belakang dan striker. Sisanya ada di gelandang serang dan bertahan,” jelasnya.

Meski begitu, ia akan menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen Persebaya. Akan ikut menyetujui wacana PSSI itu atau menolaknya. Jika memang nanti keputusan akhirnya Liga 1 maksimal hanya menggunakan tiga pemain asing, Aji siap melakukan penyesuaian. Sekaligus, ia akan berburu pemain untuk posisi gelandang. ”Kalau depan dan belakang miliknya non-Asia. Satu slot Asia kami cari lagi untuk gelandang,” ujarnya.

Sebenarnya bukan hanya Persebaya yang tidak setuju dengan wacana pengurangan kuota pemain asing. Penolakan juga disampaikan Bhayangkara Solo FC. Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara Solo FC Kombespol Sumardji menilai, wacana perubahan komposisi kuota pemain asing di Liga 1 2021 sebagai sesuatu yang terlambat. Sebab, klubnya sudah mengontrak pemain asing sesuai aturan lama (empat pemain).

"Wacana ini sudah terlambat kalau mau diterapkan musim 2021. Kami sudah telanjur mengontrak pemain asing dengan komposisi 3+1 atau tiga pemain non-Asia dan satu pemain Asia. Saya rasa banyak klub juga sudah begitu kan?" kata Sumardji. 

Meski demikian, Sumardji tetap akan mendukung wacana kuota baru pemain asing tersebut, tapi untuk diterapkan di musim berikutnya. "Kalau (diterapkan) musim 2022 bagus. Dan kami mendukung sepenuhnya," katanya.

Bhayangkara FC saat ini sudah memiliki empat pemain asing. Mereka adalah Renan da Silva, Ezechiel N’Douassel, dan Le Yoo-joon. Satu pemain, Anderson Salles, dibawa pulang lagi untuk bergabung dengan skuad The Guardian –julukan Bhayangkara Solo FC. Anderson sebelumnya sempat keluar dan membela klub kasta ketiga Brasil, Parana Clube. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

 

Artikel Terkait
Sport
Persebaya Segera Kedatangan Dua Pemain Asing

Sport
Aji Santoso Jajal Mantan Pemain Timnas U-22

Sport
Persebaya dan Kompetisi Tanpa Degradasi: Bidik Papan Atas dengan Bintang Muda