Current Issues

Ketika Google Doodle Tak Lelah Kampanyekan Prokes dan Vaksin

Dwiwa

Posted on May 1st 2021

Pandemi Covid-19 masih jauh dari akhir. Bahkan India baru-baru ini mengalami gelombang kedua yang membuat sistem kesehatan negara tersebut kewalahan. Hal tersebut membuat berbagai pihak semakin gencar mengkampanyekan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

Google pun tidak mau ketinggalan. Melalui Google Doodle, mesin pencari raksasa itu meminta para penggunanya untuk tidak ragu saat jadwal vaksinasi sudah tiba.

Hal tersebut terilustrasikan dalam huruf-huruf yang membentuk kata Google. Huruf-huruf tersebur terlihat tetap bermasker dan menjaga jarak. Kemudian satu per satu dari huruf-huruf itu memamerkan bekas suntikan yang menjadi bukti jika mereka sudah di vaksin.

G, O, O, dan G terlihat begitu bangga memamerkan bekas vaksinasi mereka. Sementara L yang masih belum divaksin tanpa ragu memint E, yang berperan sebagai petugas medis, untuk menyuntikkan vaksin. Mereka pun terlihat begitu riang saat akhirnya semua divaksin.

Lalu jika kursor diarahkan ke Google Doodle, akan terlihat keterangan yang berbunyi “Dapatkan vaksinasi. Gunakan Masker. Selamatkan nyawa.”.

Sementara jika diklik, kalian akan diarahkan menuju halaman terpercaya terkait panduan pencegahan Covid-19. Misalnya di Indonesia, ini akan diarahkan menuju panduan yang dibuat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain itu, Google juga menampilkan saran pencegahan Covid-19 yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ada juga cara melindungi diri dan orang lain dari Covid-19 yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Ketiga badan tersebut tetap menganjurkan orang-orang untuk memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjauhi kerumunan untuk mencegah tertular Covid-19.

Kemudian jika kalian secara khusus membuka halaman Google Doodle hari ini, Google juga menyediakan tautan yang menginformasikan tentang peta vaksinasi di beberapa negara. Dalam peta yang terakhir diperbarui dua hari lalu, 7,58 juta orang Indonesia tercatat sudah divaksinasi penuh.

Google Doodle sendiri sudah cukup sering melakukan kampanye protokol kesehatan sejak pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia. Pada September 2020 Google menunjukkan pentingnya memakai masker dan jaga jarak.

Kemudian pada April 2021 Google mengingatkan orang-orang untuk tetap menjaga jarak dan memakai masker. Bahkan kalau perlu menggunakan masker ganda guna mencegah penularan Covid-19.

Nah, karena sudah sering diingatkan oleh Google Doodle, pasti kalian sudah ingatkan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah tertular Covid-19? Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjauhi kerumunan, dan jangan lupa untuk segera mendapatkan vaksin jika waktunya sudah tiba.(*)

Related Articles
Current Issues
Varian Delta Picu Lonjakan Kasus, Perlukah Booster Vaksin Covid-19?

Current Issues
CDC: Aktivitas di Sekolah Tetap Harus Memakai Masker

Current Issues
Indonesia Tawarkan Diri Jadi Pusat Pembuat Vaksin Global Pada WHO