Entertainment

Studi Terbaru Menunjukkan Marvel Lebih Populer Dari DC

Jingga Irawan

Posted on May 1st 2021

Screenrant

Para penggemar Marvel dan DC telah berdebat sekian lama tentang siapa superhero paling disukai di dunia. Dilansir dari Screenrant Jum’at (30/4), sebuah studi baru telah memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Di mana Marvel ternyata lebih populer dari DC dalam hal penelusuran di internet.

Namun, hanya karena data pencarian yang digunakan dalam studi tersebut mencantumkan Marvel Universe sebagai preferensi utama, belum tentu DC Universe tidak mendapatkan nilai tinggi, karena keduanya telah terbukti sangat populer di seluruh dunia.

Awal bulan ini, Game.co.uk merilis temuan survei yang menganalisis hasil penelusuran Google dengan tujuan untuk mencari tahu tentang alam semesta, pahlawan, penjahat super yang paling populer.

Data tersebut tidak hanya menunjukkan alam semesta dan karakter yang paling banyak ditelusuri berdasarkan negara. Akan tetapi juga melihat lebih karakter mana yang paling banyak ditelusuri dari setiap negara.

Universe Paling Populer Berdasarkan Negara

Dalam data di lebih dari 60 negara, Marvel adalah yang paling banyak ditelusuri di 51 negara dan mendominasi Amerika Utara. Menurut Screenrant, hasil ini kemungkinan bergantung dengan proyek yang baru-baru ini dirilis dari Marvel dan DC. Kepopuleran Marvel bisa jadi dipengaruhi karena MCU telah meluncurkan WandaVision dan The Falcon and Winter Soldier selama beberapa bulan terakhir, sementara DCEU baru merilis Wonder Woman 1984.

Amerika Serikat memiliki lebih dari 300.000 penelusuran bulanan untuk Marvel. Disusul oleh India dengan 110.000 penelusuran, Brasil dengan 110.000 penelusuran, Inggris Raya dengan 90.500 penelusuran, dan Prancis dengan lebih dari 90.000 penelusuran.

Sementara, DC Comics sebenarnya juga sukses di Eropa dan Asia. Korea Selatan menyumbang lebih dari 200.000 pencarian bulanan. Sementara itu, Amerika Serikat memiliki 165.000 pencarian, India memiliki 110.000 (sama dengan Marvel), Brasil memiliki 60.500, dan Turki memiliki 60.500 juga.

Data pencarian menunjukkan DC lebih populer daripada Marvel di beberapa pasar luar negeri, tetapi tetap saja, Marvel secara statistik lebih baik dalam hal box office di lokasi tersebut.

Pahlawan Paling Populer di Dunia

Di seluruh dunia, pahlawan yang paling banyak ditelusuri secara keseluruhan adalah Spider-Man. Spider-Man adalah pahlawan yang paling ditelusuri di Amerika Serikat dan Swedia, tetapi juga populer di sejumlah negara kecil termasuk Mongolia, Kazahkstan, Aljazair, dan Madagascar.

Pahlawan kedua yang paling banyak dicari adalah Wonder Woman. Karakter yang dimainkan oleh Gal Gadot tersebut berhasil merebut posisi atas karena didukung oleh rilisnya Wonder Woman 1984. Wonder Woman adalah pahlawan yang paling ditelusuri sekaligus berada di atas 15 daftar negara yang berbeda secara total, termasuk Rusia, Mesir dan Belarusia.

Di urutan ketiga adalah Batman, yang menempati peringkat teratas pencarian di 11 negara berbeda. Sementara, Iron Man berada di bawah Batman. Data lain menunjukkan Captain America, pahlawan patriotik AS, menjadi yang paling ditelusuri di Kanada dan Australia. Sementara itu, Groot menjadi pahlawan teratas dalam hasil penelusuran hanya di satu negara, Turki.

Penjahat Paling Populer di Dunia

Thanos the Mad Titan, penjahat besar di Marvel Cinematic Universe, menempati peringkat sebagai penjahat paling dicari di 66 negara, meraih lebih dari 55 persen dari total data penelitian tersebut. Thanos mendominasi di seluruh dunia sekaligus menjadi yang paling ditelusuri di Kanada dan Australia.

Sementara itu, peringkat kedua adalah Joker dan paling banyak ditelusuri di 21 negara. Peringkat ketiga adalah Venom, yang memimpin di 16 negara termasuk Rusia dan Brasil.(*)

Related Articles
Entertainment
Bahkan Thanos pun Akui Kehebatan Film Joker

Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Marvel Bersiap Lanjutkan Syuting Beberapa Serial dan Filmnya Bulan Ini