Sport

Ada Wacara Pengurangan Pemain Asing, Persebaya Tahan Belanja

Mainmain.id

Posted on April 30th 2021

PSSI berencana mengubah regulasi jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2021. Terjadi pengurangan batas maksimal pemain asing yang bisa dikontrak tim Liga 1. Jika tahun lalu tiap klub diizinkan mengontrak pemain asing dengan jumlah 3+1 dari Asia, kali ini berbeda. Slot pemain impor akan menjadi 2+1 dari Asia.

Kabar tersebut sontak dipertanyakan pelatih Persebaya Aji Santoso. Menurutnya, jika rencana tersebut benar-benar direalisasikan, beberapa tim akan merugi. Baik yang sudah telanjur mengontrak empat pemain asing maupun yang sedang melakukan komunikasi. Saat ini sudah ada beberapa klub yang telah menggenapi jatah pemain asing dengan format 3+1.

"Keputusannya, kalau jadi diubah, itu terlalu mendadak. Kasihan klub. Jangan sampai lagi-lagi klub jadi korban. Harusnya, kalau ada regulasi baru, diinfokan jauh-jauh hari," ungkap Aji Santoso.

Aji sendiri sebenarnya menyatakan siap untuk mematuhi peraturan tersebut jika memang sudah diresmikan. Namun, ia tidak memungkiri regulasi tersebut memaksanya melakukan beberapa penyesuaian.

Kemungkinan terdekat, ia akan menahan proses negosiasi hingga surat keputusan soal regulasi pemain asing dikeluarkan. Sebab, saat ini eks kapten Persebaya tersebut sedang aktif melakukan pendekatan dengan beberapa pemain. Termasuk pemain asing.

Bajol Ijo sendiri belum memperkenalkan satu pun legiun asing untuk musim kompetisi 2021. Namun, Aji memastikan akan menggunakan seluruh jatah pemain asing untuk tiga posisi vital. Yaitu, pemain depan, tengah, dan belakang.

"Kalau jadi berubah, ya kita harus cancel satu pemain. Tapi, itu tak mengubah target incaran. Nama-nama pemain yang diincar kemungkinan tetap," beber Aji. Namun, sekali lagi, Aji tak mau salah langkah. Ia lebih memilih menunggu kejelasan dari PSSI.

Kabar perubahan regulasi pemain asing itu mencuat dari anggota Exco PSSI yang sekaligus CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman. Ia memberikan bocoran terkait rencana federasi mengurangi kuota pemain asing. "PSSI ingin mengubah penggunaan pemain asing menjadi dua, ditambah pemain asing Asia. Tapi, itu belum resmi, kita tunggu saja," kata pria yang akrab disapa Hasnur tersebut. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Lebih Suka Empat Pemain Asing

Sport
Pelatih Persebaya Fokus Kembalikan Kondisi Fisik Pemain

Sport
Persebaya dan Kompetisi Tanpa Degradasi: Bidik Papan Atas dengan Bintang Muda