Sport

Aji Santoso Jajal Mantan Pemain Timnas U-22

Untuk Lengkapi Posisi yang Masih Kurang

Mainmain.id

Posted on April 29th 2021

LIGA 1 musim 2021 masih menunggu kepastian izin. Namun, Persebaya tetap serius mempersiapkan tim. Kemarin (28/4) pelatih Aji Santoso mencoba dua pemain untuk menambah kekuatan skuadnya.

Dua pemain itu adalah David Yafeth Kareth dan A. Risky. Kemampuan mereka dipantau dalam sesi latihan di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari.

David adalah winger muda asal Papua. Ia bukan sosok yang asing bagi sebagian penggawa Bajol Ijo. Pada Elite Pro Academy U-20 musim 2019, David sempat berhadapan dengan Koko Ari, Rizky Ridho, dan Muhammad Kemaluddin.

Saat itu David tampil sebagai momok Young Green Force. Pemain berusia 22 tersebut mencetak dua gol dan menjadikan Persipura U-20 sebagai satu-satunya tim yang mengalahkan Persebaya di babak penyisihan grup yang diselenggarakan di Magelang. Meski akhirnya Persipura tidak lolos ke semifinal, Persebaya sukses menjadi kampiun.

Secara individu, David termasuk penyerang yang produktif. Meski tidak menembus semifinal, total ia mendulang tujuh gol. Masuk top five pemain paling produktif.

Sedangkan Risky adalah rekan satu tim kiper Satria Tama di timnas AFF U-22 tahun 2016. Ia  berposisi di bek kanan. Jika kualitasnya sesuai yang diharapkan Aji, bukan tidak mungkin ia mengisi posisi yang ditinggalkan Abu Rizal Maulana yang mundur dari Persebaya.

”David dan Risky kita coba karena posisinya sesuai dengan kebutuhan kita,” kata Aji. ”Kita lihat seberapa bagus mereka untuk menjadi pemain Persebaya,” lanjutnya.

Guna mempermudah penilaian pemain trial, serta meningkatkan pemahaman permainan, Aji Santoso menaikkan intensitas latihan kemarin. Jika biasanya latihan digelar dengan durasi 60 menit, kini diperpanjang 30 menit lebih lama. Penggawa Bajol Ijo digembleng kombinasi permainan yang ditutup dengan mini game.

”Latihan memang agak lama sedikit. Pelan-pelan mau memberikan ketajaman bermain anak-anak. Terutama untuk pemain sayap, striker, dan gelandang,” ungkap eks pelatih timnas Indonesia tersebut. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Persebaya Segera Kedatangan Dua Pemain Asing

Sport
Segera Moncer atau Out

Sport
Lebih Suka Empat Pemain Asing