Sport

Pembuktian Kapasitas Emery

Jelang Villarreal vs Arsenal

Mainmain.id

Posted on April 29th 2021

MUNGKIN inilah momen yang paling dinantikan Unai Emery. Pelatih asal Spanyol yang kini menukangi Villarreal tersebut akan berhadapan dengan mantan timnya, Arsenal. Emery dipecat pada akhir November 2019 karena Arsenal melalui tujuh pertandingan tanpa satu kemenangan pun. Penggantinya adalah Mikel Arteta, manajer The Gunners saat ini.

Ketika menginjakkan kaki di Emirates Stadium pada penghujung Mei 2018, Emery diharapkan bisa membawa perubahan untuk tim yang berbasis di London Utara itu. Maklum, Emery datang ke Inggris dengan portfolio yang bagus. Ia membawa Sevilla menjuarai Europa League selama tiga musim beruntun. Pelatih asal Spanyol itu turut memberikan tujuh gelar untuk Paris Saint-Germain (PSG).

Tentu saja Liga Inggris berbeda dengan La Liga, apalagi Ligue 1. Kompetisi teresbut lebih ketat dan sangat sulit. Emery sebenarnya sudah dimodali dengan pemain baru macam Bernd Leno, Sokratis Papastathopoulos, Lucas Torreira, Matteo Guendouzi, David Luiz, William Saliba, bahkan Nicolas Pepe yang menjadi transfer termahal dalam sejarah klub. Namun, eks pelatih Valencia itu tetap gagal memberikan prestasi untuk The Gunners. Emery akhirnya dipecat.

Emery ditampung Villarreal pada Juli tahun lalu. Hasilnya tak mengecewakan. Meski terhenti di perempat final Copa del Rey, tim berjuluk The Yellow Submarine itu berhasil menembus semifinal Europa League musim ini. Kiprah mereka di panggung Eropa terbilang mulus. Mereka belum pernah kalah sejak di babak grup. Villarreal memenangkan 11 dari 12 pertandingan yang mereka lakoni hingga babak perempat final kemarin.

Rekor istimewa itu adalah modal Villarreal saat menjamu Arsenal di El Madrigal Jumat (30/4) dini hari, kickoff pukul 02.00 WIB. Kemenangan adalah target mutlak apabila Gerard Moreno dan kolega ingin lolos ke final. Serta, membalaskan dendam Emery terhadap The Gunners. "Saya harus mengesampingkan perasaan saya terhadap Arsenal dan fokus pada pertandingan ini," tegas Emery dalam laman resmi klub.

Dalam konferensi pers menjelang lawan Arsenal, Emery memuji kinerja Arteta sebagai pelatih. Menurutnya, Arteta membawa kembali tradisi Arsenal dalam memainkan sepak bola yang menarik. Pengalaman sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City membuat Arteta membawa warna baru di cara bermain Arsenal. "Sekarang Arteta telah diberi kesempatan di Arsenal," ucap Emery seperti yang dilansir Evening Standard.

Tak seperti yang disampaikan Emery, kiprah Arteta di Arsenal musim ini masih jauh dari harapan. Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan terseok-seok di kompetisi domestik. Mereka bertengger di peringkat kesepuluh dengan catatan 13 kemenangan dan 13 kali kalah dari total 33 pertandingan. Perjalanan mereka di Piala FA dan Piala Liga berakhir prematur. Satu-satunya kesempatan untuk meraih gelar musim ini hanya di Europa League.

"Saya sangat bersemangat untuk pertandingan ini. Kami memiliki lawan yang tangguh di depan kami, tetapi kami benar-benar ingin berada di sana (final)," ungkap Arteta.

Arteta menjelaskan bahwa hubungannya dengan Emery sangat bagus. Bahkan, keduanya sempat berbincang sebelum Arteta menerima tawaran untuk menukangi Arsenal. "Ia sangat membantu, sangat berpengalaman, dan manajer yang sukses. Saya pikir tidak ada keraguan bahwa ia memiliki alat dan pengetahuan untuk mengelola di level atas," puji Arteta seperti dinukil dari Football London. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Jelang Derbi London: Misi Chelsea Sudutkan Arsenal ke Ujung Jurang

Sport
Bos Spotify Siap Beli Arsenal

Sport
Siapa Pemenang Liga Europa? MU atau Villarreal?