Sport

Tak Sekedar Bernostalgia

Mainmain.id

Posted on April 28th 2021

 

Diberikannya izin latihan di Gelora 10 November (G10N) untuk Persebaya membawa kebahagiaan tersendiri buat para pemain dan jajaran pelatih. Terutama mereka yang punya sejarah tersendiri dengan stadion itu. Entah sejarah ketika bermain, ataupun ketika masih menjadi suporter.

Kebahagiaan itu mungkin takarannya sama dengan ketika Persebaya memenangi sebuah turnamen, yang diikuti dengan guyuran bonus untuk para pemain dan pelatih. Maklum, sudah empat tahun, tepatnya sejak kembali ke Liga Indonesia, Persebaya tak pernah diperbolehkan menginjakkan kaki di stadion yang didirikan pada 1969 itu.

Kebahagiaan itu terlihat dari wajah-wajah para pemain ketika mereka masuk ke dalam area stadion. Aji Santoso misalnya. Mantan kapten Persebaya itu tak henti-henti menyatakan kekagumannya dengan stadion G10N. “Akhirnya bisa berlatih di sini. Rasanya semangat ini berbeda kalau menginjakkan kaki di sini,” ujar Aji.

Menurut Aji, kondisi Gelora 10 November sekarang sudah jauh lebih baik daripada 2011. Tahun itu adalah saat di mana Aji terakhir kali menginjakkan kaki di lapangan stadion legendaris tersebut. Kala itu Aji menjadi pelatih Persebaya yang berlaga di Liga Primer Indonesia. Menurut Aji, ia tak sekedar merasakan bisa bernostalgia. Tapi ia juga terkesan dengan bagusnya kondisi rumput di G10N.

"Lapangannya bukan sekedar nyaman, tapi sangat nyaman. Sangat bagus. Rumputnya sangat flat, lembut, bagus sekali," ungkapnya.

Ia melihat anak asuhnya juga sangat antusias berlatih di tempat yang istimewa itu. Beberapa pemain terlihat serasa bernostalgia. Aji berharap latihan kemarin sore bukan terakhir untuk timnya. Ia bahkan tengah menyiapkan program latihan untuk beberapa hari ke depan yang bisa memanfaatkan kualitas rumput berkualitas internasional itu.

Tidak hanya pelatih, Rendi Irwan juga merasa ketagihan setelah merasakan rumput G10N. Ia tak kuasa membendung rasa haru saat kembali merasakan kembali rumput stadion yang ikut membesarkan namanya. "Alhamdulillah ini terealisasi. Saya senang waktu dikabari latihan di sini. Mudah-mudahan terus dapat izin di sini," terang pemilik nomor punggung 12 tersebut.(Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Gembleng Mental dari Pengalaman Main di Tambaksari

Sport
Segera Moncer atau Out

Sport
Cak Ji Bernostalgia di Tambaksari