Interest

Punya Banyak Tahi Lalat di Tubuh? Kenali Yuk Ciri yang Normal dan Bahaya

Dwiwa

Posted on April 28th 2021

(Shutterstock via Bestlife)

Bagi sebagian orang, tahi lalat sering menjadi ciri khas yang membuat orang lain lebih mudah mengenali mereka. Sebagian juga percaya jika tahi lalat di tempat tertentu memiliki arti yang dapat membawa keberuntungan.

Meski pada umumnya tahi lalat ini tidak berbahaya, pada kondisi tertentu kalian juga harus waspada ketika menemukan ciri-ciri yang tidak biasa. Lalu, seperti apa ciri-ciri dari tahi lalat yang harus segera kita periksakan ke ahli kulit?

Dilansir dari Bestlife, dokter kulit dan ahli bedah Mohs, Susan Bard, MD mengatakan jika dokter kulit cenderung menggunakan pendekatan yang efisien untuk menentukan tahi lalat mana yang berpotensi menimbulkan risiko dan mana yang jinak. Mereka menggunakan akronim “ABCDE”, yang berarti asimetri, batas, warna, diameter, dan evolusi.

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah ukuran diameternya. Mayoritas dermatologis mengatakan jika kalian menemukan tahi lalat sebesar penghapus pensil (sekitar 5 milimeter) atau lebih besar, kalian perlu menemui profesional untuk memeriksanya.

Menurut ahli di North Pacific Dermatology di Washington, tahi lalat biasanya sangat kecil. Kalian mungkin memiliki beberapa variasi dalam ukuran di seluruh tubuh, tetapi secara keseluruhan tahi lalat biasa akan lebih kecil dari penghapus pensil.

Jika ditemukan tahi lalat yang ukurannya lebih besar dari penghapus pensil, para ahli kulit biasanya akan memeriksanya lebih teliti atau mengangkatnya untuk berjaga-jaga.

Selain itu, ukuran tahi lalat yang berubah dari waktu ke waktu juga harus diwaspadai. Bahkan jika secara keseluruhan ukurannya masih lebih kecil dari penghapus pensil.

Para ahli di North Pacific Dermatology menulis jika tahi lalat yang berkembang merupakan tanda awal kunci dari berbagai kanker kulit. Jadi jika kalian menemukan salah satu tahi lalat berubah bentuk, ukuran, atau warna secara konsisten, inilah saatnya menemui dokter untuk evaluasi.

Mereka menambahkan jika evolusi tahi lalat bisa menjadi tanda pasti dari pertumbuhan sel yang tidak teratur. Itu berarti tahi lalat apapun yang berkembang di kulit kalian perlu segera diperiksakan.

Kemudian yang terakhir adalah memeriksa warna, bentuknya apakah simetri, dan batas yang ada pada tahi lalat. Menurut North Pacific Dermatology, asimetri merupakan salah satu tanda awal kanker kulit pada tahi lalat. Jika separuh tahi lalat kalian tidak sama dengan separuh lainnya, segera periksa ke dokter.

Sementara itu dokter kulit Julie Karen mengatakan jika batas tahi lalat kalian tidak berkontur halus atau rata, tetapi justru tidak rapi atau bergerigi, itu juga tanda untuk segera membuat janji dengan dokter kulit.

Begitu juga dengan tahi lalat yang warnanya tidak beraturan juga harus diwaspadai. Karen mengatakan untuk memperhatikan beberapa warna atau corak warna yang ada pada tahi lalat yang sama.

Menurut Bard, tahi lalat yang berwarna hitam, biru, merah, atau kehilangan warna juga menjadi alasan yang cukup untuk memeriksakannya ke dokter kulit.(*)

Related Articles
Interest
Khawatir Memiliki Kanker Kulit? Coba Aplikasi Miiskin Untuk Lakukan Deteksi Dini

Lifestyle
Kucing Bisa Alami Sunburn Kalau Terlalu Lama Terpapar Matahari, Bahaya!

Interest
Keamanan Aplikasi Zoom Dipertanyakan