Tech

Spotify Perbolehkan Kreator Jadikan Podcast Berbayar dengan Biaya Langganan

Biaya langganan masuk 100 Persen ke podcaster tanpa potongan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 28th 2021


(Foto: Spotify)

Buat kamu yang suka berbagi kisah melalui podcast, ada kabar baik nih. Spotify kini memungkinkan para pembuat podcast untuk memungut biaya langganan buat para pendengar yang ingin mengakses podcast. Yup, kini kamu bisa menjadikan podcast sebagai konten eksklusif!

Fitur baru ini dirilis oleh Spotify pada Selasa (27/4) kemarin untuk 12 acara yang berasal dari Amerika Serikat. Tapi akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan ke depan. Kreator punya tiga pilihan nominal subscription yang diatur per bulan yaitu USD 2.99 (sekitar Rp 43 ribu), USD 4.99 (sekitar Rp 72 ribu), dan USD 7.99 (sekitar Rp 116 ribu).


(Foto: Spotify)

Semua pemasukan yang diterima kreator dari langganan tersebut tidak akan dipotong oleh Spotify sepeser pun, walaupun kreator tetap harus membayar biaya transaksi ke partner pembayaran platform tersebut yaitu Stripe. Spotify baru akan mengambil bagian sebanyak 5 persen dari keuntungan layanan berlangganan pada 2023.

Sistemnya begini. Kreator bisa mengatur apakah podcast mereka mau dirilis dengan gratis atau berbayar. Kalau mau merilis beberapa episode secara gratis lalu beberapa episode spesial jadi berbayar, bisa diatur melalui aplikasi Anchor (aplikasi bikin podcast milik Spotify). Siapa tahu mau kasih sneak peek dulu.


(Foto: Spotify)

Nantinya konten berbayar tidak akan bisa diputar di Spotify. Tombol play akan berubah jadi ikon gembok. Kalau mau membayar, pengguna bakal dialihkan ke platform Anchor. Yup, transaksi memang hanya bisa dilakukan di Anchor.

Di luar itu, kini kita bisa mengunduh konten musik atau podcast di Spotify desktop. Platform streaming satu ini juga baru aja mengakuisisi aplikasi Locker Room dan diduga akan membuat fitur mirip Clubhouse, tapi versi musik.(*)

Related Articles
Tech
Satukan Banyak Episode Jadi Playlist Simpel, Spotify Rilis 'Your Episodes'

Tech
Spotify Bakal Update Tampilan Home, Bisa Lihat Progress Dengar Podcast

Tech
Spotify Rilis Fitur What’s New, Feed yang Rangkum Info Lagu dan Podcast Baru