Current Issues

CDC: Orang Amerika yang Sudah Divaksin Boleh Keluar Tanpa Pakai Masker

Dwiwa

Posted on April 28th 2021

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) baru saja melakukan pembaruan terhadap pedoman pemakaian masker. Pedoman baru tersebut berisi tentang kapan orang yang sudah menjalani vaksinasi penuh -- dua minggu setelah suntikan kedua--  boleh tidak memakai masker.

“Jika kalian telah divaksinasi penuh dan ingin menghadiri pertemuan kecil di luar ruangan dengan orang-orang yang sudah divaksin atau tidak divaksin, atau makan malam di restoran luar ruangan dengan teman dari keluarga berbeda, sains menunjukkan jika sudah divaksinasi, kalian bisa melakukannya dengan aman, tanpa masker,” ujar Direktur CDC Rochelle Walensky.

Pedoman baru tersebut menunjukkan jika hampir semua hal di luar ruangan bisa dilakukan dengan aman oleh orang-orang yang sudah vaksinasi penuh tanpa perlu memakai masker. Meski begitu mereka tetap disarankan untuk memakai masker jika menghadiri acara ramai, seperti konser, parade, atau acara olahraga.

Selain itu, CDC juga sedikit melonggarkan aturan bagi mereka yang tidak divaksinasi. Kelompok tersebut diperbolehkan keluar rumah tanpa perlu memakai masker untuk melakukan beberapa hal tertentu.

Misalnya saja berolahraga bersama anggota keluarga yang tinggal serumah dan tidak melakukan kontak fisik dekat dengan orang lain saat berjalan, bersepeda, atau berlari. Begitu juga saat berkumpul di luar ruangan bersama sekelompok kecil teman atau keluarga yang sudah vaksinasi penuh.

Tetapi dalam kasus lain, CDC tetap menekankan bahwa masker tetap harus dipakai. Terutama jika seseorang sedang berada di dalam ruangan.

Walensky juga menegaskan jika bukti ilmiah yang ada saat ini telah dengan jelas menunjukkan bahwa risiko tertular virus corona jauh lebih rendah di luar ruangan, di mana ada ventilasi yang tidak terbatas daripada di dalam ruang. Dia mengatakan hampir 20 kali lipat peningkatan risiko penularan terjadi di dalam ruangan.

“Itu, ditambah dengan fakta bahwa sekarang 37 persen orang diatas 18 tahun sudah divaksinasi penuh, dan fakta bahwa tingkat kasus kami sekarang mulai turun, memotivasi perubahan panduan kami,” ujar Walensky.

Meski melonggarkan pedoman pemakaian masker untuk luar ruangan, tetapi CDC menekankan bahwa di dalam ruangan orang tetap harus memakai masker. Terutama jika itu adalah tempat umum.

Pedoman baru itu juga menunjukkan jika aktivitas di dalam ruangan, bahkan dengan memakai masker sekalipun masih tidak cukup aman bagi orang yang tidak divaksinasi. Sementara meski masih wajib memakai masker, orang yang sudah divaksin cenderung lebih aman saat melakukan aktivitas di dalam ruang. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Warga AS yang Sudah Divaksin Kembali Disarankan Pakai Masker di Area Tertentu

Current Issues
CDC Sebut Orang yang Sudah Divaksinasi Penuh Bisa Bebas Melakukan Hal Ini

Current Issues
Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat Diperkirakan Selamatkan Hampir 280.000 Nyawa