Lifestyle

Mandi Air Hangat sebelum Tidur Bisa Jadi Solusi Kalau Kamu Susah Relax

Hangat ya, bukan panas.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 26th 2021

(Foto: Freepik)

Tidur. Satu hal yang wajib dilakukan manusia, tapi kadang susah banget dilakukan. Entah karena lagi pusing menghadapi ujian atau rentetan tugas yang bedatangan, kita sulit banget buat rileks dan tidur dengan tenang. Buat kamu yang merasakan hal ini, coba deh buat ambil langkah gamechanger: mandi air hangat sebelum tidur.

Dilansir dari PopSugar, mandi dengan air hangat selama 10 menit dalam satu atau dua jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, mandi air hangat juga dapat mempersingkat waktu yang kita butuhkan untuk terlelap.

Seperti yang dikutip dari dari Tuck, salah satu cara tubuh kita mendeteksi kapan waktunya beristirahat adalah melalui temperatur tubuh. Normalnya ketika malam hari temperatur tubuh kita akan menurun dan menjadi sinyal untuk otak agar mengeluarkan melatonin, hormon yang bikin kita tidur.

Pas kita mandi memang suhu tubuh meningkat tuh. Tapi, pas kita selesai, air akan dengan cepat menguap sehingga suhu tubuh kita menurun. Karena suhu menurun, kita berhasil deh memberi sinyal ke otak buat mengeluarkan melatonin. Alhasil kita bisa lebih cepat tidur karena kehadiran hormon tersebut.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa bikin kita rileks secara fisik dan emosional. Mandi juga memaksa kita mau nggak mau menjernihkan pikiran. Tanpa gadget, tanpa media sosial, pokoknya pikiran bisa lebih tenang walaupun hanya beberapa menit. Ketika kita gak terlalu stres, lebih mudah deh buat tidur.

Mandi dengan air hangat harus diperhatikan banget lho suhu airnya. Suhu yang direkomendasikan adalah sekitar 40 sampai 42 derajat Celcius. Jangan terlalu panas karena mandi dengan suhu terlalu tinggi justru nggak memiliki efek relaksasi. Kebalikannya, mandi dengan air terlalu panas memiliki efek stimulasi, seperti mandi dengan air dingin. Tubuh justru menjadi berenergi dan menunda tidur.

Nah, itu dia manfaat mandi air hangat sebelum tidur. Jangan kerja keras bagai kuda terus, ingat istirahat juga~

Related Articles
Lifestyle
Suka Sakit Kepala Habis Bangun Tidur? Perhatikan Kamu Tidur Seberapa Lama

Tech
Apakah Filter Cahaya Biru Benar-Benar Membantu Tidur Lebih Baik?

Lifestyle
Ini Loh Posisi Tidur yang Disebut Pakar Medis Paling Buruk