Entertainment

'Soul' Bawa Pulang Oscar Setelah Kalahkan Film Pixar Lainnya 'Onward'

Jingga Irawan

Posted on April 26th 2021

Credit: Disney-Pixar

Pixar membawa pulang trofi Oscar 2021 saat Soul memenangkan Best Animated Features dalam Academy Awards ke-93 yang diselenggarakan, Minggu (25/4). Film arahan Pete Docter tentang kehidupan setelah kematian tersebut mengalahkan Over the Moon, A Shaun the Sheep Movie: Farmaggedon, Wolfwalkers, dan saudara sesamanya yang juga diproduksi Pixar, Onward.

Onward dan Soul sama-sama memiliki versi dunia yang berbeda, tetapi kritikus menyebut versi realistik Soul sangat baik. Di sisi lain, Soul berhasil memanfaatkan realisme dan surealisme dengan sempurna.

Animasinya juga menyoroti keindahan di Kota New York, yang di dunia nyata sebenarnya tampak biasa saja. Seperti, daun-daun Pohon Maple, gerbong kereta bawah tanah, pizza, trotoar yang sibuk dilalui banyak orang hingga perbaikan jalan yang ditinggalkan begitu saja.

Ada banyak elemen lain dalam Soul yang membuatnya begitu unggul dari semua animasi di tahun rilisnya. Salah satunya adalah di film itu orang-orang hidup berdampingan dikelilingi oleh warna-warna lembut. Yang membuat penggemar film animasi terasa seperti kembali ke gaya produksi Pixar yang sesungguhnya.

Soul juga merupakan film animasi Pixar pertama yang melibatkan seorang protagonis berkulit hitam, Joe (Jamie Foxx). Meskipun demikian, film yang dirilis oleh Walt Disney Pictures itu berhasil mengembalikan kejayaan film animasi yang sempat meredup karena Pandemi Covid-19. Tidak hanya membawa pulang piala Oscar 2021, Soul juga mengantongi 2 piala BAFTA Awards 2021 yang digelar pekan lalu.

Dalam pidato penerimaan pialanya di Oscar 2021, Pete Docter menggambarkan Soul sebagai bukti cinta untuk musik Jazz. Mengingat Soul sendiri menceritakan seorang pemain piano (Joe) yang ingin tampil dalam pertunjukan musik Jazz lokal dengan seorang bintang Jazz ternama. Selain itu, Soul juga merepresentasikan banyak nilai-nilai kehidupan di dalamnya. (*)

Related Articles
Entertainment
Meski Banyak Kendala, Oscars 2021 Tetap Sukses Digelar. Ini Daftar Pemenangnya!

Entertainment
Souvenir NFT Jadi Cara Oscar 2021 Kenang Sosok Chadwick Boseman

Entertainment
BAFTA Film Awards 2021 Sukses Digelar, 'Nomadland' Menang Banyak