Entertainment

Souvenir NFT Jadi Cara Oscar 2021 Kenang Sosok Chadwick Boseman

Dwiwa

Posted on April 26th 2021

(Andrea Oshea Instagram)

Sudah bukan hal yang aneh jika para nominasi yang masuk ke dalam ajang Oscar selalu mendapat swag bag. Namun dibanding tahun-tahun sebelumnya, swag bag yang dibagikan oleh Oscar 2021 ini cukup menyita perhatian.

Selain karena mengambil tema pandemi Covid-19, hal lain yang menarik adalah keberadaan karya seni non-fungible token (NFT) karya Andre Oshea. Karya seni digital ini merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi Chadwick Boseman yang telah meninggal pada Agustus tahun lalu.

Melalui Instagramnya, Sabtu (24/4), Oshea membagikan tampilan pertama dari NFT tersebut melalui animasi GIF. "Cara untuk mengabadikan seorang seniman adalah menghormatinya dengan seni. Aku tela diminta untuk membuat penghargaan NFT untuk Chadwick Boseman untuk Oscar! Menghidupkan karya ini telah menjadi salah satu pengalamanku yang paling menantang dan memuaskan sebagai seorang seniman," tulis Oshea.

Dilansir dari USA Today, NFT tersebut merupakan perayaan kreativitas masyarakat kulit hitam dalam sinema dan seni. Ini juga menjadi penghormatan kepada pengaruh lintas generasi yang tak terbantahkan dari Boseman sebagai pahlawan super pertama keturunan Afrika dalam kisah Black Panther.

Selain menjadi souvenir di ajang pernghargaan Oscar 2021, NFT ini juga akan dilelang dan hasil penjualannya akan disumbangkan ke The Colon Cancer Foundation (CCF). Itu adalah sebuah badan yang memerangi penyakit kanker seperti yang dialami Boseman.

"NFT edisi spesial langka ini adalah yang pertama ditawarkan sebagai penghargaan kepada aktor yang produktif, sebuah karya seni unik yang dibatasi hanya 1 edisi dan tidak akan pernah dicetak lagi," ujar Isaac Rudansky, pendiri AdVenture Media.

Menurut Rudansky, NFT ini untuk mengenang warisan luar biasa dari Chadwick. Sekaligus mendukung inisiatif nasional untuk memberikan pemeriksaan kolorektal pada komunitas yang kurang terlayani pada 2021 melalui CCF.

Sementara itu dalam Oscar 2021, Boseman mendapat nominasi anumerta untuk karyanya di Netflix’s, Ma Rainey’s Black Bottom. Meski sudah tiada, lewat karya terakhirnya itu dia sudah berhasil meraih penghargaan di Golden Globe, Critics Choice, dan Screen Actors Guild Award di musim penghargaan ini.(*)

Related Articles
Entertainment
Chadwick Boseman Menangkan SAG Awards Kategori Aktor Pria Terbaik

Entertainment
Komik Black Panther #1 Bertanda Tangan Chadwick Boseman Dilelang

Entertainment
Komik Avengers Edisi Terbaru Selipkan Tribute untuk Chadwick Boseman