Tech

Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Pengguna Bisa Langsung Kasih Donasi buat Kreator

Cuan cuan cuan~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 26th 2021


(Mengandung gambar dari Twitter @wongmjane)

Twitter memang lagi sibuk membangun fitur yang berhubungan dengan cuan, seperti yang baru-baru ini ditemukan oleh pengguna Twitter @wongmjane. Fitur baru tersebut adalah Tip Jar, semacam toples untuk menerima tip, tapi dalam bentuk digital tentunya.

Fitur ini masih dalam tahap uji coba yang artinya hanya bisa dirasakan oleh sebagian kecil pengguna. Wong membagikan tangkapan layar tampilan dari profil Twitter miliknya yang agak berbeda, terdapat tombol bergambar uang di dekat nama pengguna.


Tangkapan layar twit @wongmjane

Kalau diklik, tombol tersebut akan menampilkan pilihan mengirimkan donasi melalui Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal, dan Venmo. Bandcamp sendiri adalah platform yang biasanya digunakan para musisi untuk memublikasikan musik.

Sedangkan Cash App, PayPal, dan Venmo adalah platform pembayaran yang umum di Amerika Serikat dan sekitarnya. Kalau Patreon itu platform yang umum digunakan para seniman untuk membuat layanan berlangganan dan menerima pembayaran dari fan.

Tombol Tip Jar ini memang bukan tempat mengumpulkan donasi secara langsung, tapi lebih seperti tempat sekumpulan tautan untuk menerima donasi. Biasanya kan para kreator yang ingin memonetisasi kontennya harus menuliskan link platform donasi melalui twit yang mungkin aja sulit ditemukan. Nah, Tip Jar ini memudahkan para fan yang mungkin mau berdonasi.

Di bulan Maret lalu, Twitter juga terpantau menguji coba fitur tip untuk Clubhouse tiruannya, Twitter Spaces. Pilihan platform berdonasinya juga sama persis seperti yang ada di tombol Tip Jar. Seakan menyusul Twitter, Clubhouse juga sedang mengembangkan fitur tip di awal April.


Tangkapan layar twit @wongmjane

Media sosial satu ini juga sedang mengembangkan fitur Super Follows, fitur berlangganan yang bisa diaktifkan oleh kreator Twitter. Mirip seperti langganan koran, nantinya kreator bisa memberikan konten eksklusif buat para follower yang bersedia membayar. Kalau kita membayar sejumlah biaya untuk berlangganan, tombol follow kreator yang kita ikuti bakal bertuliskan “Super Follow” bukan lagi “Follow”. Kita jadi follower yang super gitu~


Tangkapan layar twit @wongmjane

Entah apakah fitur Tip Jar ini bakal jadi kenyataan atau nggak karena belum ada pernyataan resmi dari Twitter. Mari kita nantikan update selanjutnya.(*)

Related Articles
Tech
Twitter Resmi Rilis Fitur Tip Jar, Kita Bisa Kasih Tip buat Pengguna Favorit

Tech
Hari ini, Twit Pertama Bos Twitter Berusia 15 Tahun

Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse