Current Issues

Dapat Jatah Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan? Hal Ini yang Perlu Kamu Siapkan

Dwiwa

Posted on April 25th 2021

Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa bahwa melakukan vaksinasi Covid-19 saat berpuasa Ramadan tidak membatalkan puasa. Para ahli kesehatan pun sudah mengatakan jika tidak ada efek negatif melakukan vaksinasi saat menjalani puasa.

Lalu persiapan seperti apa yang harus dilakukan jika kita mendapat jadwal untuk melakukan vaksinasi Covid-19 saat Ramadan?

Dalam situs resmi covid19.go.id, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan jika vaksinasi yang dilakukan selama Ramadan akan memperhatikan kondisi umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Proses vaksinasi pun akan tetap dilakukan pada pagi sampai sore. Tetapi jika dimungkinkan, bisa dilakukan di malam hari asal tidak mengganggu ibadah Ramadan.

Persiapan yang dilakukan jika akan menjalani vaksinasi di bulan Ramadan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan hari lain. Saat akan menjalani vaksinasi, ada dua hal yang perlu disiapkan oleh mereka yang sedang berpuasa.

Hal pertama adalah istirahat yang cukup dan tentunya harus berkualitas. Ini artinya, malam sebelum proses vaksinasi tidak boleh begadang dan harus tidur dalam waktu yang cukup.

Selain itu, saat makan sahur juga harus dengan makanan bergizi dan seimbang. Makan-makanan seperti lemak dan gula perlu dibatasi. Ini juga berlaku saat kalian berbuka ya.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan jika akan melakukan vaksinasi saat puasa adalah menjaga cairan tubuh tetap tercukupi. Ini didapat dengan minum air putih dalam jumlah cukup mulai dari saat berbuka hingga sahur.

Jika usai mendapatkan vaksinasi merasakan efek samping tertentu, kalian harus beristirahat dan tidak melakukan aktivitas terlalu berat. Usahakan untuk tidak terlalu banyak pikiran seperti cemas dengan efek samping atau ketakutan akan tertular Covid-19 saat vaksinasi. Sebab, itu akan memicu stres yang tentu berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Hal penting yang juga tidak boleh dilewatkan adalah tetap menjaga protokol kesehatan sebelum, selama, dan sesudah proses vaksinasi. Sebab, vaksin ini bukan peluru perak yang bisa mengatasi semua masalah dalam sekejap.

Apalagi dari vaksinasi hingga kekebalan tubuh terbentuk ini juga membutuhkan waktu selama beberapa hari hingga minggu. Jadi kalian masih tetap perlu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menghindari kerumunan meski sudah divaksin ya. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Minggu Depan Ramadan, Aman Nggak Ya Kalau Divaksin Saat Puasa?  

Current Issues
Efek Samping Ini Paling Sering Dialami Remaja Saat Divaksin Covid-19

Current Issues
WHO: Vaksinasi Anak-anak "Bukan Prioritas Tinggi" Saat Pasokan Global Terbatas