Tech

Twitter Update Kualitas Foto Hingga Resolusi 4K, Nih Cara Lihat dan Unggahnya

Buat kamu yang perlu memandang wajah bias sampai ke pori-pori.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 25th 2021

(Foto: Twitter)

Twitter kini memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan melihat gambar dengan resolusi mencapai 4K. Pas banget nih buat yang suka edit foto bias dan gak mau kadar cakepnya turun atau suka membagikan hasil hunting foto ke platform satu ini.

Sebelumnya Twitter sudah menguji coba fitur foto 4K ini sejak Maret lalu. Saat itu uji coba dilakukan pada sejumlah pengguna tertentu, tapi kini kita semua sudah bisa mencobanya sendiri. Namun, masih untuk perangkat Android dan iOS ya, kalau lewat web masih belum bisa. Pengguna Twitter Lite juga nggak bisa karena basisnya Twitter via web.

Untuk menampilkan dan mengunggah foto 4K, kita bisa ubah preferensi tampilan foto kita dengan cara: Klik bagian Settings and privacy > Data usage > Images. Di situ bakal terlihat ada keterangan “select when to upload high-quality images (up to 4K)” dan “select when high-quality images (up to 4K) should load automatically”.

Tangkapan layar preferensi foto Twitter

Klik bagian tersebut dan pilih mau menampilkan gambar 4K dengan koneksi Wi-Fi aja atau Wi-Fi sekaligus data seluler. Kalau kamu lagi krisis kuota, bisa pilih yang Wi-Fi only aja. Kalau lagi kaya kuota, pilih aja yang Mobile data & Wi-Fi. Wajah-wajah idola atau hasil hunting foto pasti bakal muncul dengan kualitas terbaik.

Kalau kamu nggak perlu melihat foto dengan kualitas terbaik dan khawatir fitur ini malah memperlambat scrolling thread-thread di Twitter, kamu bisa pilih Never di preferensi foto tadi. Kalau mau menghemat kuota, bisa juga aktifkan penghemat data di pengaturan yang sama.

Sebelum update ini, resolusi foto di Twitter yang paling tinggi adalah 2048 x 2048 px. Sudah lumayan bagus sebenarnya buat pengguna normal, misalnya lihat foto paling cuma meme curian atau foto bukti bukti spill.

Di luar itu, Twitter juga memperbarui Fleets dengan stiker dan GIF, jadi makin mirip seperti InstaStory. Media sosial satu ini juga sempat menguji coba fitur Undo Send buat kita yang sering impulsif mengetwit. (*)

Artikel Terkait
Tech
Twitter Update Tampilan Gambar, Sekarang Ditampilkan Full Tanpa Crop

Tech
Hilangkan Retweet, Ini Langkah-Langkah Twitter Halau Hoax Pemilu AS

Tech
Twitter Coba Putar Video YouTube Tanpa Pindah Aplikasi dan Update Resolusi Foto