Tech

Boneka Penguin Ini Temani 4 Astronaut SpaceX Terbang ke ISS

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 24th 2021

Jumat (23/4) sore lalu, pesawat luar angkasa Crew Dragon milik SpaceX kembali meluncur ke luar angkasa. Kali ini dengan membawa empat orang astronaut NASA dalam misi bertajuk Crew-2. (Baca juga: SpaceX Gunakan Kembali Crew Dragon untuk Luncurkan Astronaut ke Ruang Angkasa). 

"Kami juga membawa anggota kru kelima," ujar Akihiko Hoshide, salah seorang kru yang ikut terbang dalam misi tersebut. Hoshide membawakan tur siaran video langsung di dalam Crew Dragon saat pesawat mereka telah melambung. Anggota kru kelima yang dimaksud Hoshide tak lain adalah boneka penguin bernama Guin Guin yang sengaja dibawa dari bumi.

Selain Hoshide, terdapat 3 orang astronaut lain yang ikut serta dalam misi tersebut: Thomas Pesquet dari European Space Agency, serta Shane Kimbrough dan Megan McArthur dari NASA.

Siaran langsung NASA tersebut dimulai dari pukul 01:30 AM ET (00:30 WIB), tepat saat para astronaut mengenakan pakaian luar angkasa SpaceX. Saat pesawat mereka terbang dan terlepas dari tarikan gravitasi bumi, Guin Guin mulai mengambang di kabin pesawat.

"Dia benar-benar bisa terbang," canda Hoshide. "Guin Guin, selamat datang di luar angkasa!"

Guin Guin, bersama keempat astronaut berencana berlabuh di ISS (International Space Station) pada pukul 05:10 AM ET (04:10 PM WIB) pada Sabtu. Mereka akan bertugas di ISS hingga enam bulan ke depan, sebelum kembali ke bumi pada musim gugur mendatang.

Membawa mainan, terutama plushie doll memang menjadi tradisi khas dalam misi penerbanga luar angkasa. Mainan yang biasa disebut zero-G ini, sesuai namanya, berfungsi sebagai indikator daya gravitasi. Ketika zero-G mengambang di kabin, berarti pesawat dan para astronaut sudah keluar dari orbit bumi.

Dalam sebuah konferensi pers, Elon Musk, pendiri sekaligus CEO SpaceX menyebutkan jika mainan tersebut bernama "My First Penguin" dan diproduksi oleh Jelly Cat. "Kru kami sendiri yang memilih penguin," ujar Hoshide.

Pada misi SpaceX tahun lalu, Demo-2, astronaut yang terbang, Bob Behnken dan Doug Hurley menyerahkan pilihan zero-G kepada anak mereka. Karena kedua anak mereka penggemar dinosaurus, maka merekapun membawa boneka Apatosaurus ke luar angkasa.

Dalam misi lainnya enam bulan kemudian, SpaceX kembali meluncurkan astronaut dengan membawa boneka Baby Yoda sebagai zero-G.(*)

Artikel Terkait
Tech
SpaceX Bakal Mulai Program Bahan Bakar Roket dengan Karbon Dioksida

Tech
Starship Jadi Roket Tertinggi di Dunia, Elon Musk: Mimpi Jadi Kenyataan

Tech
Dalam Tiga Hari, SpaceX Alami Dua Insiden Proyek Starship