Sport

Duo London, Chelsea dan West Ham United Berebut Slot Liga Champions

I Kadek Wira Aditya

Posted on April 24th 2021

INI bukan sekadar derbi London biasa. Ada aroma balas dendam di dalamnya. Sebagai tuan rumah, West Ham United berhasrat menuntut balas kepada Chelsea atas kekalahan tiga gol di pertemuan pertama akhir tahun lalu. The Hammers –julukan West Ham United– memang pantas percaya diri. Sebab, mereka makin baik sejak putaran kedua. Apalagi, sejak ada Jesse Lingard di sana.

Tak ada yang menduga West Ham bisa sekuat itu pada musim ini. Maklum, mereka cuma klub peringkat ke-16 di kompetisi musim lalu. Ditangani Manajer Skotlandia David Moyes, West Ham menjadi sebagai salah satu poros kekuatan utama di Liga Inggris. Bahkan, berhasil menyodok ke lima besar. The Hammers punya kesempatan untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Enam laga terakhir di Liga Inggris akan menjadi penentu posisi mereka pada akhir musim nanti. Juga, memastikan apakah Declan Rice dan kawan-kawan akan bertanding di kompetisi para raja. Perlu diketahui, persaingan untuk mencapai peringkat keempat sangatlah ketat. Ada empat tim yang berpeluang untuk mendapatkan tiket terakhir lolos ke Liga Champions.

West Ham berada di posisi kelima dengan 55 poin. Chelsea berada satu tingkat di atasnya dengan koleksi angka yang sama. Kemudian, Tottenham Hotspur dan Liverpool membuntuti di peringkat keenam dan ketujuh. Keduanya sama-sama mengoleksi 53 poin. Dengan selisih yang sangat tipis, empat tim itu memiliki peluang sama besar untuk menembus big four.

Jika ingin merealisasikan mimpi bermain di Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah klub, tim polesan Moyes haram kalah di enam pertandingan pemungkas. Termasuk saat bentrok lawan Chelsea di London Stadium Sabtu (24/4) tengah malam. The Hammers kalah tiga gol tanpa balas pada pertemuan pertama Desember lalu di Stamford Bridge.

"Kami harus mengambil setiap kesempatan yang kami dapat agar bermain di Liga Champions musim depan. Kami akan berusaha mewujudkannya," tegas Moyes seperti dilansir Football London.

Mantan pelatih Everton dan Manchester United itu hanya meminta timnya tidak lengah. Ia tak mau mengulang mimpi buruk di St James' Park kala The Hammers takluk di tangan Newcastle United dengan skor ketat 2-3. Moyes menegaskan, jika ingin mewujudkan mimpi bertanding di kompetisi para raja Eropa, pasukannya pantang kalah.

Chelsea jelas bukan lawan yang mudah dan ramah untuk West Ham. Skuad berjuluk The Blues itu membaik sejak ditukangi Thomas Tuchel. Bersama pelatih asal Jerman tersebut, Chelsea berhasil lolos ke final Piala FA. Mereka akan berjumpa Leicester City di laga puncak. Selain itu, Thiago Silva dan kawan-kawan sukses menembus semifinal Liga Champions.

Setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Brighton & Hove Albion, Tuchel berharap Chelsea tampil lebih bagus di markas West Ham. Sebab, pertandingan itu cukup krusial untuk menentukan posisi mereka pada akhir musim nanti. "Kita akan melihat apakah tempat keempat akan tetap berada di tangan kami atau tidak. Ini adalah perlombaan yang sangat ketat," ungkap Tuchel. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Related Articles
Sport
The Blues Menantang Takdir!

Sport
Final Liga Champions: Kesempatan Thomas Tuchel Gasak, Geser, dan Gusur Mentor

Sport
Pemain Liverpool Mendominasi, FIFA 21: Ini Starting XI Premier League Terkuat