Sport

Amanah Nur Istiqomah, Srikandi Judo Berusia 17 Tahun

Asian Games 2018

Mainmain.id

Posted on August 29th 2018

Judo adalah salah satu cabang olahraga bela diri yang sudah ada sejak 1882. Identik dengan Jepang, judo terus berkembang menyasar semua penjuru dunia. Judo pertama kali mendapatkan tempat di gelaran multi cabang Asia, Asian Games, pada 1986. Sementara Olimpiade baru menyelenggarakan dua tahun berselang. Namun, untuk kategori putri, kedua multi cabang tersebut juga butuh waktu lebih lama. Judo putri baru hadir di Asian Games 1990, sementara Olimpiade 1992.

Di gelaran Asian Games 2018, Indonesia mengirimkan kontingen komplet, putra dan putri. Di antara deretan kontingen Indonesia, ada satu remaja putri yang masuk, Amanah Nur Istiqomah. Remaja yang akrab disapa Isti ini tercatat lahir 24 November 2000. Dengan usia yang masih 17 tahun, Isti adalah pejudo termuda yang ada di kontingen Judo Indonesia kali ini.

“Dengan segala perjuangan yang sudah saya lalui, tentu saya senang banget ka bisa sampe di titik ini,” ujar Isti tentang perasaannya waktu diumumkan masuk ke kontingen Indonesia kepada Mainmain. “Di sisi lain, ada deg-degan juga. Masuk ke dalam kontingen Indonesia kan otomatis beban dan tanggung jawabnya gede banget, tapi sekali lagi rasa senang dan bersyukurnya berhasil ngelewatin deg-degannya.”

Isti menjelaskan bahwa judo adalah olahraga pertama yang ia kenal dan langsung jatuh cinta. “Saya dari kecil sudah kenal judo karena kebetulan bapak saya adalah pelatih judo. Saya mulai ikut kejuaraan di usia 9 atau 10 tahun. Itu olahraga pertama yang saya lakukan dan langsung cinta sampe sekarang.”

Meski sudah mengikuti banyak kejuaraan dan turnamen baik di dalam atau di luar negeri, Isti tetap mendaku bermain di Asian Games adalah prestasi terbaiknya hingga kini. “Saya juara satu di International North Bangkok University dan Kartika Cup, tapi bermain di Asian Games  itu hal yang berbeda. Perjuangan dan kebanggan yang saya rasakan bermain di gelaran seperti ini benar-benar membanggakan buat saya.”

Sayangnya, perjuangan Isti dan tim Indonesia di Judo harus berakhir lebih cepat setelah dikandaskan oleh Korea Selatan. Pun begitu, Isti tak patah arang dan berusaha langsung fokus menatap masa depannya. "Membela Indonesia selalu menjadi kebanggan. Bila bisa lolos tim yang bermain di SEA Games dan Olimpiade tentu akan menyenangkan.”

Penulis: Adrian Darmika Mainbasket

Related Articles
Sport
Aqsa Sutan Aswar Pengirim Emas dari Jet Ski

Sport
Bunga Nyimas Cinta, Peraih Medali Termuda di Asian Games 2018

Sport
Muhammad Fatah Prassetyo, Harapan Regenerasi Anggar Indonesia