Hobi

Chapter 4 ‘Sangsaka Lima’ Kenang Kobe Bryant Hingga James Naismith

Jingga Irawan

Posted on April 23rd 2021

Credit: DBL Indonesia

Para penggemar Komik Sangsaka Lima pasti menyadari ada sesuatu istimewa dalam chapter 4 yang dirilis pada Selasa (20/4). Yap! para kreator Sangsaka Lima menyelipkan tribute untuk pemain basket legend Kobe Bryant, yang dijuluki sebagai “Black Mamba” dan juga penemu permainan bola basket, yakni James Naismith.

Tidak melulu soal Bara, di sini kalian bisa menilai bahwa Juan Vito dan Mochammad Fadli tampaknya ingin para pembaca mendapatkan asupan pengetahuan juga, tentang siapa sosok berpengaruh dalam olahraga basket. Atau siapa yang menemukan permainan basket. Karena sebenarnya, budaya populer seperti komik juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran yang asyik lho, gengs.

Tribute untuk dua sosok berpengaruh itu disebut oleh tokoh utama Sangsaka Lima, Bara Adrima Duaja. Saat itu, Bara menjelaskan alasan ia ngotot ingin masuk tim basket sekolah pada Bi Onah yang nggak ngerti seru dan pentingnya bergabung dengan tim basket sekolah. Cita-cita Bara yang ingin menjadi DBL All-Star dan terbang ke Negeri Paman Sam akhirnya membuat Bi Onah tersadar.

Selain itu, chapter 4 Sangsaka Lima juga dapat menjadi alat untuk mendorong remaja Indonesia, khususnya generasi emas para pemain basket muda, untuk bangkit dari keterpurukan selama Pandemi Covid-19 dan menyelipkan pesan agar tidak pernah menyerah dalam perjalanan meraih mimpi.

Obrolan antara Bara dan Bi Onah itu dimulai saat ia mengetahui bahwa di sekolah barunya nggak ada tim basket. Bara yang merasa sudah jatuh tertimpa tangga -di sekolah lama di-banned main basket, di sekolah baru tak ada tim basket- tersebut ngotot pada Bi Onah untuk ingin bergabung dalam tim basket  sekolah, karena ia punya sederet impian yang harus diwujudkan melalui laga DBL, kompetisi basket antar SMA terbesar di Indonesia.

Di akhir chapter 4, Bara dan Bi Onah menyayangkan kekosongan tim basket tersebut. Yang kemungkinan bakal mengarahkan kalian sebagai pembaca untuk mengikuti langkah Bara mencari solusi di chapter 5 yang bakal rilis 27 April mendatang.

Komik Sangsaka Lima adalah hasil kolaborasi antara DBL Indonesia dengan Komik MJP Studio, yang dapat dibaca gratis setiap hari Selasa melalui Aplikasi DBL Play. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan karya Juan Vito dan Mochammad Fadli langsung aja yuk visit DBL Play untuk baca komiknya. Plus, jangan sampai kelewatan setiap chapter-nya ya! (*)

Related Articles
Hobi
Bukan Bara, ‘Sangsaka Lima’ Mulai Perlihatkan Pemain Basket Lain. Siapa Ya?

Hobi
Aduh! Bi Onah Di ‘Sangsaka Lima’ Nggak Ngerti Serunya Main Basket Di Sekolah Nih

Hobi
Bara Bikin Ngamuk Banyak Orang di Chapter 3 ‘Sangsaka Lima’, Kenapa ya?