Sport

Pernah Mimpi Dapat Medali Emas Dari Rumah? Wujudkan via Olympic Virtual Series

Dwiwa

Posted on April 23rd 2021

(olympic.org)

Jika kalian pernah membayangkan mendapat medali emas saat berada di halaman rumah atau bahkan di kamar, mimpi itu bisa terwujud lho. Pasalnya Komite Olimpiade Internasional (IOC) baru-baru ini meluncurkan Olympic Virtual Series (OVS) alias Seri Virtual Olimpiade yang pertama pada Kamis (22/4).

Bermitra dengan lima federasi olahraga internasional dan penerbit game, IOC menciptakan OVS sebagai acara berlisensi Olimpiade untuk olahraga virtual fisik dan non-fisik. Acara ini akan berlangsung menjelang Olimpiade Tokyo 2020 dan dimulai pada 13 Mei hingga 23 Juni 2021.

Kelima federasi olahraga internasional yang terlibat adalah World Baseball Softball Confederation, Union Cycliste Internationale, World Rowing, World Sailing, dan Federation Internationale de I’Automobile.

OVS ini akan memberikan wadah bagi penggemar olahraga esports dan game virtual di seluruh dunia untuk menjangkau audiens Olimpiade yang baru. Selain itu, ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan olahraga fisik dan non fisik yang sejalan dengan rekomendasi  dari Agenda Olimpiade IOC 2020+5.

OVS ini akan menciptakan panggung untuk menghubungkan dunia olehraga fisik dengan komunitas permainan olahraga virtual dan simulasi. 

Acara ini memungkinkan peserta dari seluruh dunia untuk berkompetisi dari rumah atau dari fasilitas pelatihan mereka dalam rangka membangkitkan kegembiraan jelang Olimpiade Tokyo 2020.

Beberapa olahraga virtual yang akan ditandingkan meliputi bidang motorsport, layar, dayung, bersepeda, dan bisbol. Sementara untuk game yang bisa dimainkan termasuk Gran Turismo, Polyphony Digital, Virtual Regatta, Zwift, serta eBaseball Powerful Pro Baseball 2020.

Kelima acara ini akan memiliki konsep dan bentuk yang berbeda dan beroperasi melalui platform penerbit masing-masing olahraga yang diikuti peserta. Jika kalian berminat, untuk terlibat dan berpartisipasi melalui situs resmi Olympic Channel.

Selain bermitra dengan lima federasi olahraga internasional, peluncuran OVS ini juga disambut baik oleh Federasi sepak bola internasional (FIFA) dan Federasi Basket Internasional (FIBA), bersama dengan federasi internasional lainnya, yakni Federasi Tenis Internasional (ITF) dan Federasi Taekwondo Duniat (WT) yang berkomitmen untuk ikut mengeksplorasi dalam OVS edisi mendatang.

"Seri Virtual Olimpiade adalah pengalaman digital Olimpiade yang baru dan unik, yang bertujuan untuk menumbuhkan keterlibatan langsung pemirsa baru di bidang olahraga virtual," ujar Presiden IOC Thomas Bach. Dia juga berharap ini akan mendorong partisipasi olahraga dan mempromosikan nilai-nilai Olimpiade, dengan fokus khusus pada anak muda. (*)

Artikel Terkait
Sport
Deretan Bintang Sepak Bola Dunia Pemilik Tim Esports

Sport
Sejarah Baru Tercipta, Laga Piala Dunia Qatar 2022 Dipimpin Wasit Perempuan

Sport
Rekam Jejak Pertemuan Argentina dengan Belanda