Tech

Instagram Akan Rilis Fitur Filter Kata-Kata Kasar untuk Lindungi Pengguna

Salah satu usaha buat mencegah dari pelecehan dan ujaran kebencian

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 22nd 2021

(Foto: Instagram)

Buat kalian para selebgram atau punya akun yang engangement-nya ramai, ada kabar baik nih buat menghalau akun-akun toxic. Instagram akan merilis fitur filter kata, jadi kita bisa mengatur beberapa kata yang mengandung ujaran kebencian atau pesan melecehkan. Lebih aman deh buat DM dan post.

Filter untuk DM dan komentar unggahan

Kita akan menemukan fitur filter kata ini di bagian pengaturan bagian Hidden Words. Setelah memasukkan beberapa kata yang ingin difilter, kita bisa mengaktifkan fitur menyembunyikan komentar atau pesan yang mengandung kata-kata tersebut.

Kalau memilih untuk menyembunyikan komentar yang mengandung kata-kata blacklist, kita dan followers tidak akan melihat komentar tersebut. Untuk di direct message, pesan tersebut akan masuk ke bagian permintaan tersembunyi. Biasanya kalau ada yang nge-DM kan masuk ke bagian permintaan pesan tuh, kalau pesan khusus tersebut bakal punya folder sendiri.

Untuk pesan yang terdeteksi mengandung kata-kata yang di-blacklist, kita bisa tetap membukanya. Akun yang mengirim pesan akan ditampilkan, tapi pesan yang ada akan disembunyikan. Ini maksudnya biar kita nggak langsung membacanya. Mirip seperti fitur muted words di Twitter.

Kita bisa memilih untuk membacanya dengan mengeklik bubble chat tersebut. Setelah itu, kita bisa pilih untuk menerima, menghapus, atau melaporkan pesan tersebut. Buat yang nggak sabar mau menggunakan fitur ini, Instagram bakal meluncurkannya untuk beberapa negara dalam beberapa minggu ke depan. Semoga Indonesia kebagian.

Blokir akun dan akun dengan pihak yang sama

(Foto: Instagram)

Kalau ada akun yang terus meneror dengan pesan-pesan yang menyakitkan atau mencurigakan, kita bisa memblokir akun tersebut—dan akun-akun yang akan dibuat si dalang dari pesan tersebut. Pilihan blokir yang lebih advanced ini berguna banget buat orang-orang yang “ternak akun” buat mengirim kebencian ke pihak tertentu. Instagram akan meluncurkan fitur ini ke seluruh negara dalam beberapa minggu ke depan.

Di luar itu, sebelumnya Instagram juga telah merencanakan agar pengguna dewasa nggak bisa mengirim pesan ke pengguna di bawah umur kecuali mereka di-follow. Aturan untuk pengguna yang menyalahi aturan interaksi di DM juga diperketat.

Nah, itu dia dua fitur baru Instagram untuk memberantas ujaran kebencian, rasisme, dan juga pelecehan. Selalu ingat buat tetap jaga attitude walaupun di dunia maya, selalu hati-hati juga berinteraksi dengan siapa pun! (*)

Related Articles
Tech
Instagram Blokir Pengguna yang Melecehkan di DM, Cegah Hate Speech dan Rasisme

Tech
Pengguna Instagram Dewasa Kini Gak Bisa DM Remaja Kalau Gak Di-Follback

Tech
Instagram Rilis Recently Deleted, Bisa Kembalikan Post yang Terhapus