Entertainment

Zack Snyder Bandingkan 'Army of the Dead’ dengan 'Dawn of the Dead'

Jingga Irawan

Posted on April 21st 2021

Dawn of the Dead adalah film zombie yang menjadi debut penyutradaraan Zack Snyder pada 2004. Saat itu, Snyder melakukan remake atas karya George A. Romero berjudul sama yang dibuat tahun 1978.

Kemiripan antara garapan milik Snyder dan Romero sangat tipis. Namun, hal tersebut justru membuat beberapa kritikus menyebut Dawn of the Dead merupakan film terbaik Snyder.

Sudah 17 tahun lamanya, trailer fitur zombie baru karya Zack Snyder, Army of the Dead, dirilis oleh Netflix pekan lalu. Dalam trailer-nya, plot Army of the Dead masih mengisahkan pertarungan antara manusia dan mayat hidup. Lantas penggemar bertanya-tanya apakah film tersebut secara garis besar sama dengan Dawn of the Dead atau berbeda secara keseluruhan. Kalian gitu juga nggak?

Banyak kabar beredar bahwa Army of the Dead tampaknya mengikuti jejak Dawn of the Dead. Meskipun bukan remake langsung dari film Romero, film zombie yang bakal rilis 21 Mei mendatang itu digambarkan sebagai penerus untuk film Dawn of the Dead-nya.

Namun, Zack Snyder mengatakan bahwa Dawn of the Dead merupakan sebuah film untuk menghormati pencipta aslinya. So, ia tidak benar-benar menuangkan idenya secara keseluruhan, melainkan menggunakan karya Romero sebagai referensi penuh.

Berbeda dengan film zombie-nya sekarang, yang membuat Snyder berusaha menyumbangkan keseluruhan eksplorasi barunya untuk berkontribusi dalam genre tersebut. Dengan memadukan gaya pencurian dan teror sekumpulan zombie beserta pengembangan karakter zombie yang bukan seperti mayat hidup pada umunnya.

Yap! Snyder bakal memperkenalkan zombie lebih canggih yang berasal dari Area-51. Nantinya, sekelompok tentara akan menembus kerumunan zombie tersebut untuk mencuri uang berjumlah ratusan juta dollar di bawah kasino Las Vegas, gengs.

“Film ini adalah eksplorasi genre penuh, filmnya benar-benar terinspirasi oleh film seperti Escape From New York, Aliens, atau Robocop. Ini merupakan dekonstruksi genre dalam arti bahwa saya menyukai semua kiasan, jadi saya terus-menerus mencoba menumbangkan kiasan dengan membuat ceritanya tidak seperti yang seharusnya,” kata Zack Snyder dikutip dari Screenrant.

Minat terhadap genre horror-thriller atau zombie telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, hal ini terletak pada inti cerita yang selalu sama antara film yang satu dengan lainnya. Untungnya, Snyder telah menyadari berkurangnya minat tersebut. Sejak Dawn of the Dead tayang pada 2004, persepsi tentang film zombie telah berubah. Dan untuk membuktikan semua perkataan Snyder mengenai film barunya, Army of the Dead wajib ditonton pada 21 Mei mendatang. (*)

Related Articles
Entertainment
Zack Snyder Bakal Ciptakan 'Army Of The Dead' Universe

Entertainment
Trailer 'Army of Thieves' Ungkap Perampokan Baru dari Dunia Zombie Zack Snyder

Entertainment
Visual ‘Army of the Dead’ Oke, Tapi Plotnya Mudah Ditebak