Entertainment

Pandemi Covid-19 Mereda, Netflix Mengalami Penurunan Subscriber Baru. Kok Bisa?

Jingga Irawan

Posted on April 21st 2021

Netflix mengalami penurunan pelanggan dalam tiga bulan pertama di 2021. Hal ini terjadi karena orang-orang sepertinya telah mengakhiri "pesta streaming" yang sempat terjadi di awal pandemi Covid-19. Di mana kala itu orang-orang harus tetap di rumah untuk mengurangi penyebaran virus.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (21/4), raksasa streaming, Netflix, mendapatkan 4 juta pelanggan baru di tiga bulan pertama 2021. Jumlah tersebut ternyata 2 juta lebih sedikit dari perkiraan semula, yakni 6 juta pelanggan. Dan hanya setengah dari total 8 juta pengguna yang berhasil didapatkan dalam tiga bulan terakhir di 2020.

Netflix mengatakan, perlambatan produksi konten baru karena adanya Pandemi Covid-19 dan jumlah kasus infeksi besar-besaran tahun lalu menjadi penyebab atas penurunan tersebut. Saham Netflix sendiri dilaporkan turun 11 persen dampak dari kabar penurunan pelanggan yang telah beredar luas.

Netflix mengalami periode pertumbuhan keuntungan luar biasa setelah mereka mendapatkan lebih dari 36 juta pelanggan pada 2020. Dengan penambahan itu, Netflix total memiliki lebih dari 200 juta pelanggan di seluruh dunia. Penambahan sebanyak itu dipastikan karena Covid-19 yang berdampak pada kebijakan lockdown di banyak negara.

Nah, ketika pandemi Covid-19 mulai mereda dan aktivitas orang mulai berangsur normal, pertumbuhan pun tak lagi sesuai yang ditargetkan. 

"Peristiwa luar biasa Covid-19 menyebabkan pertumbuhan subscriber yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 2020. Ini yang mendorong harapan pertumbuhan di 2021. Namun dinamika ini juga berkontribusi pada produksi konten yang lebih minim di paruh pertama 2021. Hal ini yang kemudian menyebabkan pertumbuhan keanggotaan juga ikut lebih lambat," tulis perusahaan dalam sebuah surat kepada pemegang saham..

Netflix tampaknya juga menghadapi persaingan yang lebih ketat dalam layanan streaming. Terlebih setelah munculnya Disney+, Peacock serta Apple dan Hulu. Tetapi Netflix menyangkal bahwa terjadinya persaingan antar layanan steraming memengaruhi penurunan jumlah pelanggan. perusahaan kehilangan pelanggannya.(*)

Related Articles

Entertainment
Becky G Bawakan Lagu ‘Bella Ciao’, Sambut Episode Final ‘Money Heist’

Entertainment
Petinggi Netflix Menangis Karena ‘Stranger Things’ Akan Tamat