Sport

Enam Tim Liga Inggris Mundur dari European Super League

Dwiwa

Posted on April 21st 2021

(BBC)

Drama European Super League (ESL) alias Liga Super Eropa terus berlanjut. Setelah Badan Sepakbola Eropa (UEFA) mengancam akan mendepak pemain di klub yang terlibat dalam ESL dari semua kompetisi, kini giliran enam tim pendirinya yang memutuskan untuk mundur dari liga tersebut.

Dilansir dari BBC, Manchester City menjadi tim pertama yang memilih menarik diri dari kompetisi kontroversial ini setelah Chelsea lebih dulu mengisyaratkan niat mereka dengan menyiapkan dokumen untuk mundur.

Sementara empat tim lainnya –Arsenal, Liverpool, Manchester United dan Tottenham – kini mengikuti.

Manchester City telah mengonfirmasi bahwa mereka secara resmi melakukan prosedur untuk mundur dari Liga Super. Liverpol mengatakan keterlibatan mereka dalam liga baru tersebut telah dihentikan.

Manchester United mengatakan mereka telah mendengarkan dengan cermat reaksi para penggemar, pemerintah Inggris, dan pemangku kepentingan utama lainnya saat membuat keputusan untuk tidak ambil bagian.

Arsenal meminta maaf melalui surat terbuka untuk fans dan mengatakan mereka telah membuat kesalahan. The Gunners menambahkan jika mereka telah mundur setelah mendengarkan fans dan komunitas sepakbola lebih luas.

Bos Tottenham Daniel Levy mengatakan klub menyesali kecemasan dan kekesalan yang disebabkan proposal tersebut. Sedangkan Chlesea mengonfirmasi sudah memulai prosedur resmi untuk mundur dari grup. Mereka juga menjelaskan jika baru bergabung akhir pekan lalu.

Keputusan enam klub raksasa Inggris ini disambut baik oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin. Dia mengatakan jika keenam tim ini mempunyai banyak hal untuk ditawarkan kepada semua pertandingan Eropa.

“Yang penting sekarang adalah kita move on, membangun kembali persatuan yang dinikmati permainan sebelumnya dan bergerak maju bersama,” ujarnya.

Polemik soal ESL kembali mencuat setelah mereka mengumumkan diri pada Minggu dan memicu kecaman luas dari berbagai pihak. ESL ini dibentuk oleh 12 klub raksasa Eropa. Enam tim dari Liga Premier Inggris yang bergabung bersama Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid, AC Milan, Inter Milan, dan Juventus.

Kompetisi ini pun mendapat kutukan dari para penggemar, otoritas sepakbola, dan perdana menteri Inggris serta di seluruh Erope oleh UEFA dan asosiali liga. Sekitar seribu penggemar bahkan berkumpul di luar Stamford Bridge Chelsea sebelum laga kontra Brighton pada Selasa (21/4) untuk memprotes keterlibatan klub tersebut.

Wakil CEO Manchester United ED Woodward, yang terlibat dalam diskusi Liga Super Eropa, telah mengumumkan jika dirinya akan mundur dari jabatannya pada akhir 2021.

UEFA sendiri berusaha untuk mencegah ancaman Liga Super Eropa dengan merombak format Liga Champions. Pada Senin (19/4) mereka memutuskan untuk membuat format baru dengan 36 tim tidak lagi 32 seperti saat ini.

Reformasi Liga Champion menjadi salah satu yang disebut saat pengumuman proposal Liga Super. Mereka mengatakan jika reformasi Liga Champions tidak berjalan cukup jauh.  Sementara ketua ESL yang juga Presiden Real Madrid Florentino Perez mengatakan jika kompetisi ini dibuat untuk menyelamatkan sepakbola.

Sementara itu, belum ada satupun dari klub Spanyol maupun Italia yang merilis pernyataan usai enam tim Liga Premier mundur. (*)

Artikel Terkait
Sport
UEFA: Klub yang Terlibat Liga Super Eropa Bakal Didepak Dari Semua Kompetisi

Sport
9 Klub Pendiri Liga Super Eropa Akui Kesalahan, Dapat Denda dari UEFA

Sport
Hasil dan Klasemen Liga Inggris: MU, Liverpool, Arsenal Petik Poin Penuh