Sport

Emas Pertama Indonesia Di eSport Asian Games 2018!

Jauh-jauh deh dari stigma menjadi seorang gamer hanya membuang-buang waktu aja~

Fikri Indra Mualim

Posted on August 28th 2018

Kesan buruk yang selama ini melekat bagi anak-anak yang suka bermain video game nampaknya akan berangsur hilang. Bukan karena permainan video game kini sudah termasuk kategori olahraga yaitu eSport bahkan perhelatan Asian Games 2018 kali ini sudah berani menggelar cabor (cabang olahraga) yang dianggap remeh oleh sebagian orang ini. Tidak sampai disitu, pemuda 16 tahun asal Sulawesi Utara, Ridel Yesaya Sumarandak, telah berhasil mencatatkan namanya sebagai peraih medali emas bagi Indonesia dalam kemenangannya mengalahkan pemain asal Cina di babak final Clash Royale.

(Foto: ivoox.id)


Meskipun masih berupa cabang olahraga eksibisi sehingga perolehannya tidak diakumulasikan ke perolehan medali keseluruhan Indonesia. Ridel Yesaya telah sukses menjadi orang Indonesia pertama yang meraih medali emas pertama di cabang eSport Asian Games 2018. Clash Royale sendiri merupakan salah satu permainan yang ditandingkan selain League of Legends (LoL), Heartstones, Pro Evolution Soccer, Starcraft II, dan Arena of Valor (AoV) dan Ridel berhasil menjadi salah satu dari kuota enam gold medal yang tersedia.

Hal ini tentu saja semakin merubah stigma bahwa menjadi seorang gamer hanya membuang-buang waktu dan tidak menghasilkan apa-apa.

Persyaratan untuk games yang dapat diikutkan dalam Asian Games 2018 ternyata nggak sembarangan, lho. Tidak boleh mengandung unsur kekerasan, dan juga tidak boleh ada unsur darah dalam games tersebut. Keenam game tersebut dipilih langsung oleh Federasi Olahraga Elektronik Asia atau Asian Electronic Sports Federation (AESF)

(Foto: Indosport)

Nah kalau sudah begini, kira-kira apa masih ada yang meragukan kualitas diri seorang gamer? Bukan hanya sekedar bermain-main aja, tapi profesi seorang gamer bisa menjadi mata pencaharian dan sumber kebanggaan. Nggak cuma kebanggaan buat diri sendiri dan keluarga tapi bahkan menjadi kebanggaan negara!

Related Articles
Sport
4 Medali dari 4 Skateboarder Indonesia

Sport
Bunga Nyimas Cinta, Peraih Medali Termuda di Asian Games 2018

Sport
Kalah Dicaci Maki, Menang Dipuji

Meet The Creator



Afrieza Zaqi

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI