Entertainment

ONE OK ROCK Rilis ‘Renegades’, Lagu Anthemic buat Para Pejuang Ketidakadilan

Mengabadikan gerakan perubahan seperti Stop Asian Hate hingga Black Lives Matter

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 18th 2021

(Foto: YouTube Fueled By Ramen)

ONE OK ROCK kembali memanjakan para fan dengan merilis Renegades. Dirilis sehari sebelum hari ulang tahun sang vokalis, Taka, lagu anthemic ini bakal jadi soundtrack film adaptasi manga, Rurouni Kenshin: The Final yang akan rilis pada 23 April.

Lagu berapi-api ini punya pesan penting banget di situasi saat ini. Belakangan memang banyak terjadi kasus ketidak adilan pada kelompok tertentu, misalnya pembunuhan pada orang berkulit hitam dan penembakan pada orang Asia. Serentetan kasus tersebut terjadi karena rasisme sistemik yang mengakar kuat di kehidupan kita—sehingga banyak orang yang berjuang untuk melawannya.

(Foto: YouTube Fueled By Ramen)

Seperti lirik di bagian pre-chorus, “For all of the times that they say it's impossible / They built all the hurdles, the walls, and the obstacles / When we're together, you know we're unstoppable now.”

Menghentikan fenomena yang sudah dianggap sebagai hal umum memang sulit, tapi bukan nggak mungkin. Band rock asal Jepang ini seakan mengirimkan dukungan mereka untuk semua kelompok yang lagi berjuang, melalui lirik lagu dan video musik mereka.

(Foto: YouTube Fueled By Ramen)

Di video Renegades, diselipkan pesan-pesan protes seperti dari gerakan Black Lives Matter dengan ungkapan “I can’t breath”, gerakan Stop Asian Hate, gerakan menuntut kesetaraan gender, hingga gerakan peka terhadap perubahan iklim. Semua pesan ini dikemas dalam visual yang keren banget, berasa lagi menonton film apocalypse yang emosional.

(Foto: YouTube Fueled By Ramen)

Di balik lagu anthemic satu ini, ternyata OOR dibantu sama Ed Sheeran lho untuk proses penulisan lagunya. Penyanyi asal Britania Raya itu memang menjadi co-writer lagu ini. Renegades ditulis di rumah pelantun Afterglow itu di Suffolk!

Band beranggotakan Taka, Toru, Ryota, dan Tomoya ini memang cukup dekat dengan Ed. Mereka sempat membuka di tur konser penyanyi tersebut dan Ed sempat tampil di konser OOR pada tahun 2019.

Nah, kamu sudah dengar lagu terbaru dari ONE OK ROCK ini belum? Yuk, stream! (*) 

 

Artikel Terkait
Entertainment
One OK Rock Kembali Isi Theme Song Film Rurouni Kenshin

Entertainment
Kabar Buruk! Film Terakhir Rurouni Kenshin Batal Tayang Tahun Ini!

Entertainment
ONE OK ROCK Rilis Lagu Baru ‘Save Yourself’, Sambut Album ‘Luxury Disease’