Lifestyle

5 Cara Hindari Tambah Gendut Usai Puasa Ramadan

Dwiwa

Posted on April 17th 2021

Di bulan suci Ramadan, seluruh umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, orang tidak makan maupun minum serta menahan hawa nafsu selama sehari penuh. Tapi pernah nggak sih kalian justru bertambah gendut usai Ramadan? Dan hal ini kerap dialami banyak orang loh.

Bagi sebagian orang ini mungkin bukan masalah. Tetapi bagi yang sejak awal Ramadan sudah memiliki harapan akan turun berat badan saat menjalankan ibadah puasa tentu menimbulkan rasa kecewa.

Nah, mumpung puasa baru memasuki hari kelima, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar di Ramadan kali ini berat badan tidak melonjak dan tidak mudah haus seperti dilansir dari Egypt Today

1. Hindari minuman ringan (soft drink)

Meski mungkin terasa segar saat berbuka puasa dengan soda, tetapi inuman ini sebenarnya penuh dengan gula dan bahan-bahan yang tidak memiliki manfaat sama sekali untuk tubuh. Karena itu, gantilah dengan jus alami.

2. Hindari makanan asin

Mengonsumsi makanan yang asin akan membuat kita mudah merasa haus. Karena itu, hindari makan makanan yang asin saat sahur.

3. Kurangi makanan penutup

Salah satu alasan utama mengapa beberapa orang bertambah gendut saat Ramadan adalah karena mereka banyak makan makanan penutup setelah berbuka puasa. Karena itu, makanlah secukupnya jika tidak ingin berat badan naik.

Bisa juga dengan mengganti makanan penutup dengan buah-buahan yang penuh dengan cairan dan vitamin. Selain sehat, makanan ini juga cenderung tidak menyebabkan penambahan berat badan.

4. Hindari makanan berlemak

Makanan kaya lemak memang terasa gurih di lidah. Tetapi dibalik itu, makanan dengan lemak tinggi akan menyebabkan rasa haus, lapar lebih cepat, serta meningkatkan kadar kolesterol. Jadi, biar nggak tambah gendut, hindari makanan yang terlalu berlemak.

5. Hindari gorengan

Cobalah untuk menghindari gorengan dan menggantinya dengan sayuran dan buah. Makanan yang digoreng ini berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan gangguan pencernaan.

Sementara itu, menurut Khaleej Times, agar tidak bertambah gendut saat Ramadan, kalian juga harus menghindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Kemudian kunyahlah makanan secara pelan-pelan untuk menghindari gangguan pencernaan.

Lalu perbanyaklah sayur dan buah selama puasa dan usahakan untuk memasak dengan cara yang lebih sehat. Jangan lupa juga untuk tetap aktif berolahraga agar kalori berlebih yang menumpuk bisa dibakar.(*)

Related Articles
Lifestyle
Ingin Lebih Bugar dan Sehat Saat Ramadan? Ikuti Tips Sederhana Ini

Current Issues
Nafas Bau Saat Puasa? Wajib Cobain Tips Berikut

Interest
Ramadan 2020: Wajib Ibadah di Rumah hingga Manasik Haji Online