Interest

Berburu Pekerjaan Secara Online? 6 Tips Ini Sangat Direkomendasikan

Dwiwa

Posted on April 17th 2021

Proses mencari pekerjaan di era modern saat ini tidak lagi sama dengan jaman dulu. Orang-orang tidak lagi perlu menunggu koran terbit atau antre di papan pengumuman demi mencari lowongan pekerjaan yang cocok. Cukup dengan memanfaatkan jaringan internet, dan berbagai lowongan pekerjaan akan langsung ditemukan.

Berbagai platform pun telah menyediakan akses lowongan pekerjaan dengan lebih mudah. Tetapi bagi lulusan baru, berbagai platform penyedia lowongan masih belum dimanfaatkan secara optimal. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa lebih produktif mencari pekerjaan secara online?

Berikut enam tips dari Jason Eckert, direktur eksekutif Layanan Karir di University Dayton. Tulisan ini diterbitkan di The Conversation untuk lulusan perguruan tinggi baru atau yang sedang mencari pekerjaan lewat internet. 

1. Gunakan berbagai platform

Kalian bisa memulainya dengan memanfaatkan platform yang memiliki kemitraan dengan perguruan tinggi. Sebab, platform berbasis kampus biasanya mencantumkan pekerjaan yang tidak tersedia di situs lain.

Selain itu, Jason juga merekomendasikan untuk membuat profil di berbagai situs pencari kerja. Biasanya, agen pencarian kerja ini sering mengirimkan pemberitahuan e-mail jika ada lowongan baru yang sesuai dengan kriteria pencarian yang diposting. 

 

2. Sering-seringlah melamar

Nah, ini yang mungkin masih jarang dilakukan lulusan baru. Mungkin karena idealisme yang masih tinggi, kalian hanya mendaftar satu atau dua pekerjaan sembari menunggu kabar selanjutnya.

Padahal menurut pakar ketenagakerjaan, seperti Biron Clark, pendiri CareerSidekick.com, memperkirakan jika hanya 2 hingga 3 persen lamaran kerja yang menghasilkan wawancara. Jadi karena itulah, kalian harus lebih meningkatkan upaya pencarian dan jaringan agar peluang lebih besar.

 

3. Buat tujuan harian yang kecil

Tidak bisa dipungkiri, pandemi telah menyebabkan tantangan ekonomi yang menimbulkan kecemasan besar bagi pencari kerja. Penelitian menunjukkan jika menganggur terlalu lama – dan risiko pengangguran dan setengah pengangguran – bisa sangat menyedihkan.

Jason pun menyarankan pencari kerja untuk fokus pada langkah-langkah kecil dan tujuan harian. Selain melamar beberapa posisi setiap hari, tujuan ini bisa termasuk melakukan penelitian tentang kemungkinan karir atau membangun jaringan dengan satu orang setiap hari.

 

4. Lacak kemajuan

Buatlah spreadsheet untuk melacak lamaran pekerjaan kalian. Jason meyakini jika ini bisa menjadi alat motivasi yang bagus dalam upaya pencarian pekerjaan. Kalian bisa membuat spreadsheet sesuai keinginan.

Jason memberi contoh salah satu spreadsheet yang dia bagikan pada siswa dan alumni yang berkonsultasi kepadanya meliputi tanggal aplikasi, tanggal wawancara, hingga penawaran gaji.

 

5. Manfaatkan jaringan alumni

Survei menunjukkan jika 80 persen orang mengamankan peluang kerja lewat jaringan dan koneksi pribadi. Jadi koneksi dengan alumni dan orang lain yang memiliki ikatan dengan sekolah tertentu bisa menjadi kunci dalam pencarian pekerjaan yang sukses.

Banyak perguruan tinggi dan universitas memiliki program untuk membantu mahasiswa dan alumni menjadin hubungan. Bahkan beberapa diantaranya adalah jaringan tertutup khusus untuk siswa dan alumni terverifikasi.

 

6. Manfaatkan layanan karir

Saran terakhir dari Jason adalah manfaatkan layanan karir yang ada di kampus tempat kalian kuliah. Biasanya kampus memiliki semacam pusat karir untuk membantu siswa mendapat pekerjaan. Sebagian besar menawarkan layanan seumur hidup bagi alumni secara gratis atau dengan sedikit biaya.

Bukti menunjukkan jika kunjungan ke tempat tersebut bermanfaat. Menurut jajak pendapat Gallup pada 2016, lulusan universitas yang menggunakan pusat karir kampus lebih cenderung mendapat pekerjaan penuh waktu hingga 67 persen. Dibanding dengan 59 persen lulusan yang tidak mengunjungi layanan karir.(*)

Related Articles
Interest
Gak Pede Motret Pakai Ponsel? 5 Tips ini Perlu Kalian Coba!

Interest
Cek Sebentar Yuk, Sudah Benarkah Cara Kita Menyimpan Sikat Gigi?

Interest
5 Tips Hindari Bibir Kering Selama Puasa: Pakai Sunscreen!